Sukses

Tak Profesional Kelola Senjata Api di Kasus Brigadir J, AKP Dyah Disanksi Demosi

Timsus selesai melaksanakan sidang Komisi Kode Etik Polri (KKEP) terhadap AKP Dyah Chandrawati selaku mantan Paur Subbagsumda Bagrenmin Divpropam Polri.

Liputan6.com, Jakarta - Timsus selesai melaksanakan sidang Komisi Kode Etik Polri (KKEP) terhadap AKP Dyah Chandrawati selaku mantan Paur Subbagsumda Bagrenmin Divpropam Polri. Hasilnya, dia diputus telah melakukan tindakan tercela dan dikenakan sanksi demosi atau penundaan kenaikan jabatan.

"Putusan hasil sidang Komisi Kode Etik Polri AKP DC yaitu sanksi etika yakni perilaku pelanggar dinyatakan sebagai perbuatan tercela dan permohonan maaf secara lisan dan tertulis di depan tim KKEP. Sanksi administratif yaitu mutasi yang bersifat demosi selama satu tahun," tutur Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Nurul Azizah di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (8/9/2022).

Menurut Nurul, AKP Dyah Chandrawati menjalani Sidang KKEP mulai pukul 11.00 WIB sampai dengan 17.00 WIB atau kurang lebih selama 6 jam di ruang sidang Divipropam Polri, Gedung TNCC Mabes Polri, Jakarta Selatan.

"Wujud pelanggarannya termasuk klasifikasi pelanggaran sedang yaitu berupa ketidakprofesionalan dalam pengelolaan senjata api dinas, Pasal yang dilanggar Pasal 5 ayat 1 huruf C Perpol 7 Tahun 2022 yaitu menjalankan tugas dan wewenang dan tanggung jawab secara profesional, proporsional, dan prosedural," jelas dia.

Nurul enggan merinci bahwa permasalahan AKP Dyah Chandrawati terkait dengan kepemilikan senjata api Bharada E yang digunakan untuk melakukan penembakan terhadap Brigadir J.

"Ini terkait dengan kasus Duren Tiga. Jadi untuk detailnya itu teknis dari Komisi Kode Etik. Tadi udah disebutkan kan pelanggarannya Pasal apa," Nurul menandaskan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sidang Kode Etik

Polri menggelar sidang Komisi Kode Etik Polri (KKEP) atas AKP Dyah Chandrawati selaku mantan Paur Subbagsumda Bagrenmin Divpropam Polri. Meski diduga melakukan pelanggaran yang berkaitan dengan kasus kematian Brigadir J, namun persidangan tidak dalam ranah obstruction of justice.

Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Nurul Azizah menyampaikan, dalam persidangan AKP Dyah Chandrawati dihadirkan empat saksi dengan salah satunya Kompol Chuck Putranto (CP) yang telah diputus Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH) dan masih dalam proses banding. Adapun sidang digelar secara tertutup.

"Sidang tersebut ikut serta juga empat saksi atau dipanggil juga empat orang saksi, KBP MBP, Kompol CP, Briptu WTA, Bripda WW," tutur Nurul kepada wartawan, Kamis (8/9/2022).

"Terduga pelanggar diperiksa karena ketidakprofesionalan dalam melaksanakan tugas. Perlu rekan-rekan media ketahui bahwa pelaksanaan sidang AKP DC tidak ada kaitannya dengan obstruction of justice," sambungnya.

Sidang AKP Dyah Chandrawati berlangsung di Gedung TNNC Ruang Sidang Wabprof, Mabes Polri, Jakarta Selatan, dan dipimpim oleh Ketua Komisi Sidang Kombes Rachmad Pamudji selaku Irbidjemen SDM II Itwil V Itwasum Polri, Wakil Ketua Komisi Sidang Kombes Sakeus Ginting selaku Kabagstandardisasi Rowabprof Divpropam Polri, serta anggota Komisi sidang Kombes Pitra Andrias Ratulangi selaku Anjak Madya Dittipidum Bareskrim Polri.

 

3 dari 4 halaman

Sidang Maraton

Polri terus menggelar sidang etik secara maraton terkait dugaan pelanggaran terkait penanganan kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir J alias Nofriansyah Yosua Hutabarat di rumah dinas eks Kadiv Propam Ferdy Sambo.

Hari ini, Kamis (8/9/2022) giliran AKP Dyah Chandrawati yang bakal menjalani sidang etik terkait kasus Brigadir J. Dyah Chandrawati merupakan mantan Paur Subbagsumda Bagrenmin Divpropam Polri.

"Rencana besok (hari ini-red) akan digelar kode etik AKP DC atau AKP C," ujar Kepala Divisi Hubungan Masyarakat (Kadiv Humas) Polri Irjen Dedi Prasetyo di Gedung TNCC, Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (7/9/2022).

Dedi menjelaskan, sidang kode etik terhadap AKP Dyah bukan terkait obstruction of justice pada kasus pembunuhan Brigadir J. Mantan anak buah Ferdy Sambo di Divisi Propam ini diduga melakukan pelanggaran golongan sedang.

"Pelanggaran kode etik yang diklasifikasikan Pak Karowabprof, ada berat, sedang, dan ringan. Dan itu masuk kategori sedang," terangnya.

Kendati begitu, Dedi belum menjelaskan lebih rinci peranan AKP Dyah dalam kasus kematian Brigadir J ini. Dia hanya menyatakan bahwa peran AKP Dyah Chandrawati akan didalami ketika sidang etik nanti.

4 dari 4 halaman

Mutasi

Nama AKP Dyah Chandrawati sebelumnya masuk dalam daftar 24 personel Polri yang dimutasi ke Yanma Polri terkait kasus pembunuhan Brigadir Yosua. Sebagaimana personel yang terkena mutasi dalam surat telegram rahasia dengan nomor ST /1751/ VIII/ KEP./2022 tertanggal 23 Agustus 2022.

Sekedar informasi, Tim Inspektorat Khusus (Itsus) Polri telah memeriksa 63 anggota Polri terkait kasus pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J. Dari total tersebut, ada 35 personel yang ditetapkan melanggar kode etik atas penanganan kasus tersebut.

Sementara dari 35 personel pelanggar etik tersebut, terdapat tujuh orang yang dinyatakan melanggar etik ketegori berat Obstruction of Justice, yakni Irjen Ferdy Sambo, Brigjen Hendra Kurniawan, Kombes Agus Nurpatria, AKBP Arif Rahman Arifin, Kompol Chuk Putranto, Kompol Baiquni Wibowo dan AKP Irfan Widyanto .

Dari ketujuh pelanggar ketegori berat, terdapat empat tersangka obstruction of justice yang telah menjalani sidang etik, yakni Kombes Agus Nurpatria, lalu Irjen Ferdy Sambo, Kompol Chuck Putranto dan Kompol Baiquni Wibowo.

Keempat perwira Polri itu dijatuhi sanksi pemberhentian secara tidak hormat (PTDH) alias pemecatan.

Namun keempatnya menyatakan banding sebagaimana diatur dalam parpol nomor 7 tahun 2022 pasal 69 yang menjadi hak bersangkutan untuk selanjutnya bakal diputus sidang komisi kode etik polisi (KKEP) tingkat banding.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.