Sukses

Top 3 News: Anies Baswedan Diperiksa KPK Rabu 7 September soal Dugaan Korupsi Formula E

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku dirinya dipanggi oleh KPK pada Rabu 7 September 2022 untuk dimintai keterangan soal dugaan korupsi Formula E.

Liputan6.com, Jakarta Ajang adu balap mobil listrik Formula E yang belum lama ini digelar di Jakarta diterpa kabar tak sedanp. Dugaan adannya tindak pidana korupsi di tubuh PT Jakarta Propertindo (Jakpro) tersebut kini tengah diselidiki oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Mencuat dugaan korupsi di ajang Formula E tersebut, KPK berencana memanggil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, pada Rabu, 7 September 2022 untuk dimintai keterangan. Belakangan Anies membenarkan pemanggilan dirinya dan bukan sebagai saksi.

Dugaan korupsi pada Formula E saat KPK menyoroti pembayaran proyek yang tidak seharusnya melewati masa jabatan pejabat. Di situlah diduga telah melanggar aturan. 

Berita terpopuler lainnya di top 3 news masih terkait dugaan pembunuhan berencana hingga menewaskan Brigadir Yoshua alias Brigadir J. Usai menetapkan lima orang tersangka, saat ini penyidik tengah menyelidiki adanya dugaan pelecehan seksual yang dialami oleh istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi.

Dugaan pelecehan tersebut mencuat setelah kamera CCTV rumah pribadi Ferdy Sambo di Saguling memperlihatkan Putri pulang ke rumah dengan piyama berwarna hijau yang terbuka kancingnya.

Terkait baju piyama tersebut, Wakil Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) Edwin Partogi Pasaribu mengatakan, pihaknya mendapatkan iformasi bahwa ada dugaan bahwa baju tersebut memang telah disiapkan Istri Mantan Kadiv Propam ketika hendak berangkat ke lokasi eksekusi Brigadir J.

Selain kasus Ferdy Sambo, kebijakan ganjil genap di DKI Jakarta juga tak kalah mendapat sorotan publik.  Diketahui saat ini ada 26 ruas jalan baru di Ibu Kota yang diterapkan ganjil genap.

Berlaku Senin hingga Jumat, dimulai pada pukul 06.00 WIB-10.00 WIBm sementara sore hari, pada pukul 16.00 WIB-21.00 WIB.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Senin, 5 September 2022:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Soal Dugaan Korupsi Formula E, Anies Baswedan Diperiksa KPK Rabu 7 September 2022

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku dirinya dipanggi oleh Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) pada Rabu 7 Sptember 2022 lusa. Hal ini untuk dimintai keterangan terkait dugaan korupsi ajang balap mobil listrik Formula E oleh PT. Jakarta Propertindo (Jakpro)

"Iya betul saya menerima surat pemanggilan untuk dimintai keterangan oleh KPK pada hari Rabu tanggal 7 September pagi," kata Anies ketika menghadiri seremoni penurunan mandiri kabel udara oleh Penyedia Jaringan Utilitas ke dalam Sarana Jaringan Utikitas Terpadu di Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Senin (5/9/2022).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) ini juga mengatakan akan datang dan membantu untuk menjelaskan seluruhnya terkait permasalahan dugaan korupsi di ajang Formula E.

"Inshaallah saya akan datang dan akan membantu untuk bisa membuat semuanya menjadi lebih jelas," kata Anies.

Anies mengaku kapastitasnya bukan sebagai saksi. Dia hanya akan memberikan keterangan di lembaga yang dikepalai oleh Firli Bahuri tersebut.

"Hanya memberi keterangan, gitu aja. Terkait Formula E. Enggak ada keterangan, hanya begitu saja," jelas Anies.

 

Selengkapnya...

 

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

2. Kancing Piyama Putri Candrawathi yang Terlepas Diduga Jadi Bukti Alami Pelecehan

Dalam rekaman CCTV rumah pribadi Ferdy Sambo, di Jalan Saguling, Jakarta Selatan terlihat Putri Candrawathi yang memakai piyama usai pulang dari tempat penembakan Brigadir J alias Nofriansyah Yoshua Hutabarat di rumah dinas Komplek Perumahan Polri, Duren Tiga.

Terkait baju piyama tersebut, Wakil Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) Edwin Partogi Pasaribu mengatakan, pihaknya mendapatkan iformasi bahwa ada dugaan bahwa baju tersebut memang telah disiapkan Istri Mantan Kadiv Propam, ketika hendak berangkat ke lokasi eksekusi Brigadir J.

"Iya (sudah disiapkan-red). Ya begini sajalah, pokoknya kami bahwa itu bagian dari perencanaan. Untuk konstruksi bahwa terjadi kekerasan seksual di duren tiga," kata Wakil Ketua LPSK Edwin Partogi Pasaribu saat dihubungi merdeka.com, Senin (5/9/2022).

Bahkan, Edwin menduga dari apa yang didapat pihaknya. Jika terekamnya Putri Candrawathi saat pulang ke rumah Saguling dengan piyama berwarna hijau yang terbuka kancingnya, bertujuan memperkuat terjadinya pelecehan sebagaimana rencana Ferdy Sambo.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Ganjil Genap Jakarta Kembali Berlaku Senin 5 September 2022, Cek Selengkapnya!

Peraturan ganjil genap Jakarta oleh otoritas setempat masih terus diberlakukan di sejumlah ruas jalannya. Lalu, apakah hari ini, Senin (5/9/2022) berlaku?

Mengawali pekan, Senin (5/9/2022), tentu saja ganjil genap di beberapa ruas jalannya kembali berlaku.

Sebab, seperti diketahui sebelumnya, jadwal ganjil genap Jakarta berlaku pada hari Senin sampai Jumat. Sementara pada tanggal merah hari libur nasional serta akhir pekan Sabtu dan Minggu, kebijakan tersebut ditiadakan. 

Kemudian, pemberlakukan waktu ganjil genap terbagi dalam dua sesi setiap harinya, yakni pagi dan sore hingga malam hari. Sesi pertama di pagi hari, yaitu dimulai pada pukul 06.00 WIB-10.00 WIB. Sementara sesi kedua di sore hari, yaitu berlaku pada pukul 16.00 WIB-21.00 WIB.

Sebagai catatan dan pengingat, kini sanksi tilang juga telah diterapkan di seluruh titik ganjil genap Jakarta terhitung sejak Senin 13 Juni 2022 lalu.

Selain itu, pemberlakuan kembali titik ganjil genap (Gage) di 26 ruas jalan tersebut juga telah tertera dalam aturan Peraturan Gubernur nomor 88 tahun 2019 tentang Perubahan Atas Peraturan Nomor 155 Tahun 2018 Tentang Pembatasan Lalu Lintas dengan Sistem Ganjil Genap.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.