Sukses

4 Fakta Video Viral Diduga Polisi Gadungan Hentikan Kendaraan di Jakpus

Belum lama ini viral video di sosial media yang memperlihatkan seorang pria berseragam polisi memberhentikan dan mengecek surat-surat pengendara mobil sedan silver.

Liputan6.com, Jakarta - Belum lama ini viral video di sosial media yang memperlihatkan seorang pria berseragam polisi memberhentikan dan mengecek surat-surat pengendara mobil sedan silver.

Pengguna jalan yang merekam aksi diduga polisi gadungan ini menyebut, peristiwa terjadi di kawasan Roxy, Cideng, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan pun angkat bicara. Dia mengatakan, pihaknya akan menelusuri kebenaran video tersebut, termasuk mencari tahu sosok polisi yang diduga gadungan tersebut untuk diperiksa lebih lanjut.

"Iya (kita selidiki)," kata Zulpan saat dihubungi, Minggu (31/7/2022).

Tak hanya itu, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya juga ikut turun tangan mengusut kasus viralnya video tersebut. Bidang Profesi dan Pengamanan (Bid Propam) Polda Metro Jaya turut dilibatkan.

"Terkait ini (video yang viral) sedang kita dalami dan kita laporkan ke reskrim dan Propam untuk lidik (usut)," jawab Direktur Lalu Lintas Polda Jaya Kombes Latif Usman.

Latif mengatakan, pihaknya belum bisa berkomentar terkait sosok pria berpakaian polisi yang terekam dalam video tersebut apakah terdaftar sebagai anggota atau polisi gadungan. Dia menyebut, keberadaan pelaku sedang dicari.

Ditambahkan Penyidik Polres Metro Jakpus, pihaknya mengaku telah datang ke lokasi sesuai dengan yang disebutkan oleh pengunggah video. Kedatangan penyidik untuk meminta keterangan dari masyarakat sekitar.

Berikut sederet fakta terkait video viral yang memperlihatkan seorang pria berseragam polisi memberhentikan dan mengecek surat-surat pengendara mobil sedan silver dihimpun Liputan6.com:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Video Viral Diduga Polisi Gadungan Hentikan Kendaraan

Salah satu akun Instagram, @jakpus24jam yang mengunggah video tersebut menginformasi bahwa peristiwa pria diduga polisi gadungan memeriksa surat-surat kendaraan yang melewati sekitaran Roxy, Cideng, Jakarta Pusat.

Dalam video terlihat, perekam menyalip kendaraan yang sedang diberhentikan oleh seorang polisi diduga gadungan. Terdengar, perekam berteriak bahwa orang itu bukanlah polisi sungguhan.

"Woi, kamu bukan polisi asli, eh jangan mau dia bukan polisi asli," kata perekam seperti dikutip, Minggu (31/7/2022).

Tak selang berapa lama, pria yang diduga polisi gadungan langsung mengembalikan STNK mobil yang sempat dipegang.

Dia meminta pengemudi tak menghiraukan yang diucapkan oleh perekam. "Udah, udah, udah," ucap polisi diduga gadungan.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 5 halaman

2. Akan Ditelusuri Polisi

Sebuah rekaman video yang memperlihatkan seorang pria berseragam polisi memberhentikan dan mengecek surat-surat pengendara mobil sedan silver viral di media sosial.

Pengguna jalan yang merekam aksi polisi diduga gadungan ini menyebut, peristiwa terjadi di kawasan Roxy, Cideng, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Menanggapi kejadian ini, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan mengatakan, pihaknya akan menelusuri kebenaran video tersebut, termasuk mencari tahu sosok polisi yang diduga gadungan tersebut untuk diperiksa lebih lanjut.

"Iya (kita selidiki)," kata Zulpan saat dihubungi, Minggu (31/7/2022).

Zulpan mengatakan, masyarakat yang pernah menjadi korban atau dirugikan atas tindakan pria diduga polisi gadungan tersebut diimbau untuk membuat laporan ke polisi.

"Bila masyarakat ada yang jadi korban akibat ulah polisi gadungan tersebut silakan lapor polisi," tegas dia.

 

4 dari 5 halaman

3. Propam Polda Metro Bergerak Cari Pria dalam Video

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya turun tangan mengusut kasus viralnya video seorang pria berseragam polisi memberhentikan dan mengecek surat-surat pengendara mobil sedan silver.

Bidang Profesi dan Pengamanan (Bid Propam) Polda Metro Jaya turut dilibatkan.

"Terkait ini (video yang viral) sedang kita dalami dan kita laporkan ke reskrim dan Propam untuk lidik (usut)," jawab Direktur Lalu Lintas Polda Jaya Kombes Latif Usman dalam keterangannya.

Latif mengatakan, pihaknya belum bisa berkomentar terkait sosok pria berpakaian polisi yang terekam dalam video tersebut apakah terdaftar sebagai anggota atau polisi gadungan. Dia menyebut, keberadaan pelaku sedang dicari.

"Baru dalam lidik sedang dicari (pelakunya)," jelas Latif.

 

5 dari 5 halaman

4. Polres Jakpus Minta Keterangan Warga

Polisi masih mendalami viralnya video pria berseragam polisi memberhentikan dan mengecek surat-surat pengendara mobil sedan silver. Sejumlah pihak telah mintai keterangan.

Penyidik Polres Metro Jakpus mengaku telah mendatangi Roxy, Cideng, Tanah Abang, Jakarta Pusat, lokasi itu sesuai dengan yang disebutkan oleh pengunggah video. Kedatangan penyidik untuk meminta keterangan dari masyarakat sekitar.

"Kami sedang dalami. Sudah, sejak kemarin tim kami ke lokasi," kata Kapolres Metro Jakpus Kombes Pol Komarudin saat dikonfirmasi, Minggu (31/7/2022).

Komarudin menerangkan, sebagian besar warga yang dimintai keterangan menjawab tak mengenal sosok pria berpakaian polisi tersebut.

"Dari keterangan orang-orang di sana tidak tahu dan tidak kenal," ujar dia.

Lebih lanjut, Komarudin mengatakan, ada warga yang memang pernah melihat pengendara diberhentikan petugas kepolisian di lokasi tersebut. Namun, bukan baru-baru ini.

"Pernah lihat pengendara yang dihentikan petugas juga namun sudah lama. Kejadian kemarin pun mereka tidak tahu," tandas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.