Sukses

Di Depan Pemuda Pancasila, Anies Sebut Jakarta Punya PR Hadirkan Kesetaraan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan Jakarta punya pekerjaan rumah untuk dapat menghadirkan perasaan kesetaraan.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan Jakarta punya pekerjaan rumah untuk dapat menghadirkan perasaan kesetaraan. Hal ini disampaikan Anies saat berbicara soal pesan persatuan di acara Musyawarah Wilayah (Muswil) ke-13 Pemuda Pancasila (PP).

"Di Jakarta kita punya PR (pekerjaan rumah-red) untuk bisa menghadirkan perasaan kesetaraan, perasaan kebersamaan, bkan dengan mengecilkan yang besar tapi dengan membesarkan yang kecil, itu yang harus kita lakukan sama-sama," kata Anies di Lagoon Garden Ballroom, Sultan Hotel Jakarta, Sabtu (16/7/2022).

Anies menjelaskan Pancasila dirancang di Kota Jakarta. Saat ini, kata dia, Jakarta menjadi simbol persatuan dan tempat tumbuh berkembangnya Pancasila. Sehingga, menurut dia, Jakarta harus dapat menjadi wujud dari Pancasila.

Kendati sulit untuk menghadirkan persatuan dalam ketimpangan, Anies menyebut, perasaan kesetaraan dapat memunculkan persatuan. Bagi Anies, salah satu caranya adalah dengan menghargai perbedaan antarsesama.

"Bukan dengan mengecilkan yang besar tapi dengan membesarkan yang kecil. itu yang harus kita lakukan sama-sama. Dorong yang kecil supaya berkembang, dorong yang kecil punya kesempatan yang sama," ujar dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Anies Sebut Tidak Banyak Organisasi yang Gunakan Nama Pancasila

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, tidak banyak organisasi yang berani menggunakan nama Pancasila sebagai identitasnya. Namun hal ini berbeda dengan organisasi kemasyarakatan (ormas) Pemuda Pancasila (PP).

"Tidak banyak organisasi di republik ini yang berani mengemban nama Pancasila di pundaknya. Ketika kita menempatkan Pancasila sebagai nama organisasi maka kita memiliki tanggung jawab moril lebih dari sekedar tanggung jawab konstitusional," ujar Anies.

Anies menyampaikan, Pemuda Pancasila mempunyai tanggung jawab besar. Pasalnya organisasi ini harus dapat bertanggung jawab terhadap Pancasila dalam setiap kesehariannya.

"Tanggung Jawab untuk menunjukkan bahwa setiap pribadi anggota Pemuda Pancasila adalah Pancasila berjalan, Pancasila yang hidup, Pancasila yang dalam kesehariannya bisa menghidupkan itu," jelas Anies.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) ini mengatakan dibandingkan dengan tempat lain Jakarta menjadi tempat dirancangnya Pancasila. Sehingga, kata dia, Jakarta adalah simpul persatuan dan tempat tumbuh berkembangnya gagasan Pancasila.  

 

3 dari 3 halaman

Berharap Pemuda Pancasila Bisa Lahirkan Pemimpin Baru

Menurut dia Ormas Pemuda Pancasila di DKI Jakarta punya beban tanggung jawab yang lebih besar dibandingkan dengan ditempat lain. Dia berharap siapa pun yang terpilih mengurus Pemuda Pancasila selanjutnya menjalankan tugas dengan baik.

"Siapapun yang mengurus Pemuda Pancasila di Jakarta dia memiliki tanggung jawab yang jauh lebih besar," ujar dia

Anies juga berharap Pemuda Pancasila menjadi salah satu organisasi kaderisasi yang dapat melahirkan pemimpin-pemimpin terbaik dari berbagai sektor.

"Selamat melakukan Muswil dan Izinkan saya mengakhiri dengan menyampaikan rukunnya sebuah pembukaan. Dengan mengucap Bismillahirrohmanirrohim pada hari ini, Sabtu 16 Juli 2022 musyawarah wilayah ke 13 Pemuda Pancasila DKI Jakarta secara resmi dinyatakan dibuka," tutur Anies.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.