Sukses

Wapres Ma’ruf Amin Dikabarkan Tak Akan Hadiri Pelantikan Menteri Siang Ini

Wakil Presiden Ma'ruf Amin dikabarkan tak akan hadiri pelantikan sejumlah menteri di Istana Negara siang ini, Rabu, (15/6/2022).

Liputan6.com, Jakarta Wakil Presiden Ma'ruf Amin dikabarkan tak akan hadiri pelantikan menteri di Istana Negara siang ini, Rabu, (15/6/2022).

Saat ini Ma’ruf Amin tengah melakukan kunjungan kerja selama dua hari ke luar kota. Pada hari Selasa kemarin ia berkunjung ke Bangka Belitung. Sedangkan, hari ini Ma’ruf dijadwalkan bertolak ke Jambi.

Kepala Sekretariat Wakil Presiden (Wapres) Ahmad Erani Yustika memastikan Ma'ruf Amin tetap melanjutkan kunjungan kerjanya (kunker) ke Jambi.

"Jadi Pak Wapres hari ini pagi jam 10.30 WIB berangkat ke Jambi ada tiga agenda di Jambi," ujar Erani di Pangkalpinang, Pangkalan Baru, Bangka Belitung, Rabu, (15/6/2022).

Erani menjelaskan agenda kunker Wapres Ma’ruf Amin ke Jambi telah direncanakan jauh-jauh hari. Ma’ruf bakal kembali ke Ibu Kota pada sore hari.

"Sampai pagi ini agendanya seperti itu, belum ada perubahan. Masih sesuai dengan rencana," terangnya.

Adapun, agenda Wapres Ma'ruf di Bangka Belitung adalah menyerahkan sejumlah bantuan dan membuka Kongres Halal Internasional 2022.

Sedangkan, di Jambi Ma'ruf akan melakukan tiga agenda. Lokasi pertama  ialah Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Ma'arif, lalu akan berkunjung ke rumah dinas Gubernur Jambi untuk menyerahkan sejumlah bantuan dari Bazanas, BPJS Ketanagakerjaan, dan Kementerian Sosial.

Terakhir Ma'ruf akan mengunjungi Pondok Pesantren Al-Jauharen, Tanjung Johor, Kota Jambi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jokowi Dikabarkan Reshuffle Kabinet Hari Ini

Presiden Joko Widodo atau Jokowi disebut akan melakukan reshuffle atau perombakan kabinet Indonesia Maju pada Rabu, (15/6/2022). Pelantikan para menteri baru akan dilakukan pukul 14.00 WIB di Istana Kepresidenan Jakarta.

Hal ini dibenarkan oleh sumber Liputan6.com di lingkungan pemerintahan. Dia mengatakan, ada sejumlah tokoh yang akan mengisi posisi di kabinet.

"Hanya dua menteri (direshuffle). Pelantikan jam 14.00," kata sumber Liputan6.com di lingkungan pemerintahan, Rabu pagi.

Sumber yang sama menyebut Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan akan mengisi posisi Menteri Perdagangan (Mendag). Jika benar, Zulhas akan menggantikan posisi M. Luthfi.

Selain itu, mantan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto juga akan masuk ke kabinet dengan jabatan Menteri Agararia dan Tata Ruang/Badan Pertahanan Nasional. Dia menggantikan Sofyan Djalil.

"Mendag Pak Zul sebagai (Zulkifli Hasan). Pak Hadi sebagai Menteri ATR," ucap dia.

Jokowi juga dikabarkan melantik tiga wakil menteri. Namun, belum diketahui siapa saja tokoh yang akan dilantik menjadi wakil menteri.

"Wakil menteri (yang dilantik) tiga," ujar sumber tersebut.

Sebelumnya, Jokowi memanggil sejumlah tokoh dan menteri ke Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa 14 Juni 2022 sore. Mulai dari, Menteri Perdagangan (Mendag) M.Luthfi, Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil, Menteri Pertahanan yang juga Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Kemudian, Wamen ATR/BPN Surya Tjandra dan Mantan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Jokowi dikabarkan turut memanggil Ketua Umum PAN Zulkifi Hasan.

Reporter: Muhammad Genantan Saputra/Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.