Sukses

Ferdinand Hutahaean Hirup Udara Bebas Usai Jalani Hukuman 5 Bulan Penjara

Ferdinand Hutahaean kembali tampil di publik. Mantan politisi Partai Demokrat itu telah menjalani hukuman lima bulan penjara atas perkara dugaan penyebaran berita bohong yang menimbulkan keonaran.

Liputan6.com, Jakarta - Ferdinand Hutahaean kembali tampil di publik. Mantan politisi Partai Demokrat itu telah menjalani hukuman lima bulan penjara atas perkara dugaan penyebaran berita bohong yang menimbulkan keonaran.

Kabar bebasnya Ferdinand Hutahaean telah dibenarkan Kasie Penkum Kejati DKI Jakarta Ashari Syam bahwa yang bersangkutan telah bebas sejak 9 Juni 2022 lalu.

"Vonis 5 bulan. Sudah selesai jalani hukuman tanggal 9 Juni kemarin," ujar Ashari saat dikonfirmasi.

Adapun kabar bebasnya Ferdinand sempat jadi sorotan di media sosial twitter. Dimana melalui akun twitter dengan nama @FerdinandHutah4. Dia turut mengabarkan dirinya yang telah bebas.

"5 Bulan saya pergi, saya perhatikan bangsa kita ini makin ruwet karena perilaku2 kaum yang tak memahami betapa susahnya leluhur kita merawat kebangsaan dan merawat kebhinekaan," tulis pada akun @FerdinandHutah4, Sabtu (11/6).

"Mohon maaf, mohon bersabar yang belum saya follback ya. Alon-alon asal kelakon," sambung Ferdinand Hutahaean.

Cuitan itu pun mendapat sampai respon komentar sebanyak 558, retweet, 504, serta suka 3.265. Membuat akun ini yang baru dibuat bulan Juni 2022, dapatkan respon mencapai 7.654 pengikut pengguna twitter.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Minta Maaf

Sehari setelahnya, Ferdinand kembali menuliskan tweet untuk meminta maaf kepada warga net yang belum bisa dia respons.

"Sahabatku semua, Salam sukses dan salam bahagia. Mohon maaf saya belum bisa optimal menyapa sahabat semua karena beres2 kondisi dulu. Doaku sahabat semua tetap dalam lindungan Tuhan," tulisnya.

3 dari 4 halaman

Divonis 5 Bulan Penjara

Sebelumnya, Terdakwa Ferdinand Hutahaean divonis 5 bulan penjara atas perkara dugaan penyebaran berita bohong yang menimbulkan keonaran di kalangan rakyat terkait cuitan 'Allahmu Lemah' di akun twitter pribadinya.

Putusan itu dibacakan dalam sidang yang digelar di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat, Selasa (19/4). Di mana dalam putusannya, Majelis Hakim meyakini jika Ferdinand terbukti secara sah dan bersalah melakukan tindak pidana.

"Mengadili, menyatakan terdakwa Ferdinand Hutahaean, terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah menyiarkan berita atau pemberitahuan bohong dengan sengaja menerbitkan keonaran di kalangan rakyat," kata ketua majelis hakim Suparman Nyompa.

Alhasil, dalam putusanya sebagaimana dakwaan pertama primer jaksa penuntut umum. Majelis hakim menjatuhkan vonis pidana penjara selama 5 bulan penjara terhadap Ferdinand.

"Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa Ferdinand Hutahaean dengan pidana penjara selama 5 bulan dikurangi masa tahanan," kata hakim.

4 dari 4 halaman

Lebih Rendah dari Tuntutan Jaksa

Sebagai informasi, putusan ini lebih rendah jika dibandingkan dengan tuntutan jaksa. Diketahui jaksa menjatuhkan tuntutan kepada Ferdinand Hutahaean dengan pidana penjara 7 bulan.

Sumber: Bachtiarudin Alam/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.