Sukses

Wapres Lepas Calon Jemaah Haji Kloter Pertama Embarkasi Surabaya

Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin, melepas calon jemaah haji kloter pertama dari Embarkasi Surabaya, Sabtu 4 Juni 2022, dari Bandara Internasional Juanda Surabaya.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin, melepas calon jemaah haji kloter pertama dari Embarkasi Surabaya, Sabtu 4 Juni 2022, dari Bandara Internasional Juanda Surabaya.

Kloter pertama merupakan jemaah asal Tuban. Wapres bersyukur pandemi membaik sehingga jemaah Indonesia bisa berangkat setelah absen dua tahun

“Hari ini kita memberangkatkan 449 jamaah haji dari Jawa Timur, umumnya dari Tuban. Ini pertama kali setelah dua tahun kita semua tidak ada pemberangkatan karena covid. Alhamdulillah karena covid landai kita bisa berangkatkan jemaah haji kita,” kata Ma’ruf Amin di Bandara Juanda Surabaya, Sabtu (4/6/2022).

Wapres berpesan agar para calon jemaah menjaga kesehatan dan protokol kesehatan selama di tanah suci.

“Kita harap jamaah di sana menjaga kesehatan karena covid belum hilang. Juga jaga kesehatan dari sengatan panas matahari, dan jalankan ibadah dengan baik,” ujar Wapres.

“Saya harap jemaah kita kembali ke tanah air dengan sehat dan mendalat haji mabrur,” pungkas Ma’ruf Amin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kloter 1

Diketahui, Kloter 1 terdiri dari 197 jamaah pria, 246 wanita dari Kabupaten Tuban, ditambah 2 orang dari bojonegoro, sehingga total menjadi 445 orang jamaah. Adapun petugas kloter terdiri dari 4 orang, yakni 1 orang ketua kloter, 1 orang pembimbing, 1 dokter, dan 1 perawat, secara keseluruhan kloter 1 terdiri 449 orang.

Kloter pertama ini tergabung dalam 5 KBIH, yaitu KBIH Al Islahiyyah, KBIH Ar Roudhoh, KBIH NU Rengel, KBIH Assa'diyah, KBIH Busyrol Ummah serta 2 orang non KBIH.

3 dari 3 halaman

38 Kloter

Sementara total terdapat 38 kloter yang melalui Embarkasi Surabaya. Kelompok pertama dijadwalkan berasal dari Tuban. Berikutnya, kloter terakhir Embarkasi Surabaya akan berangkat ke Arab Saudi pada 2 Juli 2022.

Sedangkan, untuk kedatangan jemaah haji dijadwalkan kloter pertama tiba pada 15 Juli 2022 dan kloter terakhir masuk Asrama Haji pada 14 Agustus 2022.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.