Sukses

Akun Instagram Sandiaga Dibanjiri Komentar soal Tak Ada Promosi Formula E

Sandiaga Uno dinilai sebagian kalangan kurang mempromosikan event balapan mobil listrik Formula E di Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah postingan Menparekraf Sandiaga Uno di akun Instagram resminya @sandiuno dibanjiri komentar netizen seputar ajang balap Formula E. Sandiaga Uno dinilai sebagian kalangan kurang mempromosikan event balapan mobil listrik Formula E di Jakarta.

Postingan Sandi di laman Instagramnya tertanggal 2 Juni 2022 menjadi yang paling banyak mendapat komentar dari netizen.

Hingga Jumat (3/6/2022) pukul 09.41WIB, postingan tentang kunjungan ke Singapura tersebut telah mendapat 1.305 komentar dari netizen.

Mayoritas netizen bertanya pada Sandi soal Formula E disertai dengan hastag Formula E.

"Formula E bukan bagian dari pariwisata Indonesia ya pak menteri, kok ngga gencar di iklankan di medsos bapak, katanya Indonesia biar terkenal di dunia ini mah cuma nanya ya pak #formulae," tulis akun @rahmat_djoy.

Hal senada disampaikan oleh akun @dhyka_pratama "Kok ngga support #FORMULAEmasmenteri?" tulisnya.

"Pak, kok formula e ngga pernah di up? Apa itu cuma dianggap buat Jakarta aja? Bukannya Jakarta bagian dari Indonesia?" tulis akun @ranggarain.

Selain itu, banyak komentar serupa lainnya yang menanyakan perihal dukungan Sandi terhadap ajang balap mobil listrik Formula E yang bakal digelar Sabtu besok, 4 Juni 2022 di JIEC, Ancol, Jakarta Utara.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tak Sponsor BUMN

Pada ajang Formula E Jakarta 2022 Jakarta yang berlangsung pada 4 Juni 2022 dikabarkan tidak ada BUMN yang menjadi sponsor. Perihal hal ini, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir enggan berkomentar terkait tidak adanya perusahaan pelat merah yang menjadi sponsor dalam gelaran ajang balapan mobil listrik Formula E Jakarta 2022 Jakarta tersebut.  

Meski begitu, Erick memastikan perusahaan BUMN telah menjadi sponsor utama di banyak event. Seperti pada Konferensi Tingkat Tinggi G20 (KTT G20) yang akan digelar di Bali pada akhir Oktober 2022 mendatang. 

"No comment, seperti yang sudah saya sampaikan bahwa kita partisipasi di banyak tempat.  Ada G20, kemarin juga ada beberapa event ditugasin," ujar Erick kepada wartawan di Jakarta, dikutip Jumat (3/6). "Untuk sementara, kita no comment dulu," ucap Erick melanjutkan.  

Persoalan sponsor di ajang Formula E memang sempat panas. Ini sempat diungkapkan Ahmad Sahroni selaku Ketua Panitia Pelaksana Formula E Jakarta.  Dia mengatakan jika, pada ajang Formula E ini tak ada satu pun BUMN yang menjadi sponsor.

Hal ini dipastikan Ahmad Sahroni dalam unggahannya di Instagram pribadinya @ahmadsahroni88."BUMN tidak sponsor apa pun, PLN untuk kelistrikan kami bayar full," tegas Ahmad Sahroni.

Ahmad Sahroni sendiri mengaku sudah mengirimkan proposal kepada Menteri BUMN Erick Thohir. Hanya saja, diakuinya, belum ada respons.

Dalam postingannya, orang yang juga sebagai Anggora DPR Ri itu menyinggung Kementerian BUMN. "Maap nih, BUMN tuh kan bagian dari Republik Indonesia kan yah? @kementerianbumn," tulisnya.

"Kami ga ngotot minta tapi ngotot untuk jadi bagian Indonesia," tegas Ahmad Sahroni.

3 dari 4 halaman

Semua Pejabat Diundang

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan angkat bicara siapa saja tokoh politik yang pasti hadir di gelaran Formula E di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC).

Saat ditanyai soal kehadiran Presiden Joko Widodo atau Jokowi, dia tak memberikan jawaban lugas.

Anies menyatakan, Pemprov DKI Jakarta mengundang semua pihak. Namun yang terpenting adalah agar pelaksanaan balap mobil listrik Internasional itu dapat berjalan dengan baik.

"Semuanya diundang, kita berharap semua yang diundang bisa datang untuk memeriahkan gelaran Formula E. Karena ini bukan event politik dan yang penting adalah Formula E berjalan dengan baik," kata Anies dalam acara ngobrol santai dengan Co-Founder/Chief Championship Officer Operation Formula E, Alberto Longo di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (2/6/2022).

Dia menegaskan jika Formula E Jakarta adalah kegiatan olahraga. Sehingga dia menginginkan agar ajang tersebut dipandang sebagai kesempatan bagi Jakarta untuk tampil secara global.

"Ini bukan event politik ini event olahraga. Ini adalah sesuatu yang kita pandang sebagai suatu kesempatan untuk Jakarta tampil di kancah global," kata Anies.

Dia pun menyebut jika Formula E tak ada kaitannya dengan agenda politik. Sehingga Formula E terbuka untuk siapa saja yang ingin datang menonton.

Anies hanya berharap kolaborasi antara Pemprov DKI dengan semua pihak yang mengusung Formula E nantinya dapat berlangsung baik.

"Buat saya ini adalah sport event, semua orang akan disambut dan kita harap semoga berjalan dengan lancar. Ini bukan even politik ini adalah sports," jelas dia.

"Penyelenggaranya adalah DKI Jakarta berkolaborasi dengan Formula E kemudian juga dengan IMI itu saja. Jadi fenomenanya sama tergantung kacamata yang memandang," sambungnya.

 

4 dari 4 halaman

Siap Transformasi

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hadir dalam meet and greet Jakarta E-Prix 2022 di Monas, Jakarta Pusat, Kamis (2/6/2022). Kegiatan ini untuk memperkenalkan seluruh pembalap Formula E yang akan bertanding di Jakarta pada 4 Juni di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol.

Sebagai tuan rumah Anies menyebut bahwa Jakarta menyambut baik kedatangan para tamu dari mancanegara di acara tersebut. Menurut dia Pemprov DKI Jakarta ingin menunjukkan bahwa Jakarta sebagai kota global dapat menyukseskan balap mobil listrik Formula E ini.

"Selamat datang kami ucapkan kepada seluruh jajaran komite, pembalap, serta para official. Ini merupakan sebuah kehormatan bagi Jakarta, karena berkesempatan menjadi tuan rumah dari ajang Formula E di seri balapan kesembilan untuk musim 2021-2022," kata Anies.

"Kita mengharapkan bisa menyaksikan sebuah pertandingan yang sengit dari para pembalap, khususnya yang akan disaksikan di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC)," lanjut Anies.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.