Sukses

Balas Dendam, Peretas Bobol Laman Departemen Kehakiman AS

Laman Departemen Kehakiman AS dibobol sejumlah peretas sebagai bentuk balas dendam terhadap kematian seorang pegiat Internet.

Laman resmi jejaring Sentencing Commission Amerika Serikat yakni lembaga kehakiman yang bertanggungjawab bagi panduan penjatuhan hukuman federal, dilumpuhkan sejumlah peretas. Pembobolan ini dilakukan sebagai bentuk balas dendam terhadap kematian seorang pegiat internet atau hacker.

Melalui pesan elektronik, Sabtu (26/1/2013), mereka menuntut agar pemerintah memperbarui sistem kehakiman. Jika tidak, mereka juga mengancam akan membocorkan informasi sensitif yang diperoleh dalam serangan tersebut.

Sejumlah kantor berita melaporkan kelompok peretas 'Anonymous' ini dicurigai berada di belakang serangan itu. Dalam surat elektronik yang dikirimkan kelompok itu ditegaskan, mereka meretas jejaring milik pemerintah sebagai balas dendam atas kematian Aaron Swartz, peretas yang bunuh diri 11 Januari lalu.

Beberapa laporan menunjukkan jaksa penuntut umum federal secara agresif memburu Swartz karena diduga mengunduh jutaan artikel akademis dengan tujuan untuk membagikannya secara gratis.

Tersangka menghadapi tuduhan melakukan kejahatan terhadap komputer federal dengan ancaman hukuman sampai 35 tahun penjara. Tersangka yang diduga tidak tahan tekanan aparat keamanan ini akhirnya memutuskan mengakhiri hidupnya. (Ant/Adi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini