Sukses

Ada Formula E, Kawasan Ancol Ditutup untuk Umum Sabtu 4 Juni 2022

Liputan6.com, Jakarta Kawasan Taman Impian Jaya Ancol ditutup untuk umum pada 4 Juni 2022 karena ada laga Formula E. Oleh karena itu, hanya pemilik tiket Formula E yang dapat mengakses kawasan tersebut.

"Khusus hari Sabtu 4 Juni 2022, Ancol dan seluruh unit rekreasi di dalamnya tidak dibuka untuk umum, hanya khusus pemilik tiket Jakarta E-Prix saja, yang tiketnya dijual melalui Ancol.com dan jakartaeprixofficial.com," demikian informasi yang dipublikasi melalui Instagram @ancoltamanimpian, Minggu (22/5/2022).

Masyarakat umum baru dapat mengakses wilayah Taman Impian Jaya Ancol pada Minggu 5 Juni 2022.

Sementara itu, tiket dengan berbagai kategori sudah dijual sejak Minggu, 1 Mei 2022. Tiket kategori Grandstand menjadi favorit bagi penonton berdasarkan laporan Kamis 19 Mei 2022.

Vice Managing Director Formula E Gunung Kartiko mengatakan penjualan tiket kategori grandstand sudah terjual 70 persen dari total 10.000 seat yang disediakan panitia. Harga tiket grandstand dipatok Rp 750.000.

"Grandstand penjualannya menjadi salah satu favorit karena hampir 70 persen," kata Gunung kepada wartawan.

Sementara, tiket kategori VIP yakni Segarra Suite 1C, Jimbaran Suite 1D dan Ombak Laut Suite 1E, ludes terjual. Panitia menyediakan sebanyak 1.050 kursi untuk kelas VIP.

Soal harga, Segarra Suite dan Jimbaran dipatok Rp 3 juta. Sementara Ombak Laut Suite berada di harga Rp 2 juta.

"VIP sudah sold out. Ada tiga, Ombak laut, Segarra dan Jimbaran," ungkap Gunung.

Tiket berikutnya yang banyak terjual yaitu kategori VVIP Royal dan Deluxe. Penjualan kedua kategori ini sudah berada di atas 50 persen.

2 dari 4 halaman

Mobil-Mobil Formula E Sudah Datang

Kargo berisi mobil pembalap dan fasilitas pendukung Formula E tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Minggu (22/5/2022). Kargo untuk keperluan formula E tersebut ditangani oleh perusahaan jasa groundhanding, PT Jasa Angkasa Semesta (JAS Airport Services).

"Kargo Formula E telah tiba di Bandara Soekarno-Hatta pagi ini diangkut pesawat Pesawat Qatar Kargo B747 800 sekitar jam 6 pagi," ujar Corporate Communication Manager JAS Airport Services Ageng Wibowo.

Ageng tidak bisa menyebutkan berapa unit mobil pembalap dan fasilitas pendukung formula E yang telah tiba. Sebab, seluruh koli yang tiba hanya bertuliskan kargo formula E.

"Kami hanya bertugas menurunkan saja," katanya.

Menurut Ageng, untuk kendaraan balap dikirim tidak dalam bentuk utuh. Makanya, kedatangan kargo formula E ini dilakukan dalam tiga tahap, yakni hari ini dan besok malam.

Sebelumnya, Vice President Infrastructure & General Affairs OC Jakarta E-Prix 2022 Irawan Sucahyono menyatakan 22 mobil balap Formula E dijadwalkan tiba di Jakarta pada 22-24 Mei 2022. Mobil listrik tersebut didatangkan dari Berlin, Jerman.

"Diangkut dengan tiga kargo pesawat," kata dia di Mal ABC, Ancol, Jakarta Utara, Kamis, 19 Mei 2022.

Puluhan mobil listrik itu sebelumnya dipakai dalam seri terakhir Formula E yang digelar di Berlin, sebelum giliran Jakarta E-Prix.

Formula E Berlin digelar pada 14-15 Mei lalu. Pada April 2022, Formula E diadakan di Roma.

3 dari 4 halaman

Tiket Sudah Termasuk Wahana Ancol

Vice President Communication Organizing Committee Jakarta E-Prix Iman Syafei memastikan, harga tiket Formula E sudah termasuk wahana yang ada di seluruh kawasan Ancol.

"Tiket semua kelas sudah termasuk semua wahana Ancol, kecuali Faunaland dan Gondola," kata Iman, Selasa (10/5/2022).

Namun, Iman belum bisa menyampaikan jumlah tiket yang sudah terjual. Dia memastikan pembangunan trek dan kelengkapan pemasangan grandstand dan jembatan penyeberangan terus dikerjakan.

"Pembangunan dan persiapan masih on the track, kelengkapan seperti grandstand dan jembatan penyeberangan masih proses pemasangan. Infrastruktur pendukung lain juga masih terus dirapikan," ucap Imam.

Panitia penyelenggara telah menjual tiket Formula E pada Minggu 1 Mei 2022. Warga dapat melakukan pembelian tiket melalui situs jakartaeprix.goersapp.com.

Berdasarkan situs tersebut ada empat kategori yang disediakan panitia. Harga tiket tergantung dengan masing-masing kategori.

Untuk kategori VIP dan VVIP dengan sub kategori Jakarta Royal Suite 1 A harga tiket sebesar Rp 10 juta. Nilai ini mencakup hiburan, makanan dan minuman bintang 5 yang ditawarkan oleh Hotel Borobudur, dua kali coffee break, prasmanan makan siang dan makan malam.

Pengunjung yang membeli tiket ini juga mendapatkan keuntungan dengan mendapatkan pemandangan padang rumput lounge ambiens dengan suite lremium ber-AC, tersedia tempat duduk khusus, akses Allianz E-Village, melihat area sirkuit secara langsung, layar LED, mendapatkan akses Ancol Festival, Dufan, pantai festival-festival rekreasi Ancol kecuali faunaland dan gondola, tempat penurunan VIP khusus di gerbang Ancol. Tidak termasuk akses ke lokasi terlarang dan zona yang tidak termasuk di tiket

4 dari 4 halaman

Sirkuit Berbeda dari Negara Lain

Vice President Infrastructure and General Affairs Organizing Committee Formula E, Irawan Sucahyono mengklaim desain sirkuit Formula E di Ancol, Jakarta Utara berbeda dengan desain di negara-negara lain.

Letak perbedaan sirkuit di Ancol yaitu memiliki attack mode yang memungkinkan terjadinya overtake atau menyalip. Manuver overtake ini menurut Irawan, tidak mudah dilakukan oleh pembalap.

"Kalau pembalap masuk ke Attack Mode, dia akan dapat tenaga tambahan sehingga akan terjadi overtaking. Tapi overtake tak bisa terjadi jika mobil di depan pembalap ada di racing line yang benar," kata Irawan, Rabu (11/5/2022).

Menurut Irawan, hal itulah yang membuat sirkuit Formula E di Ancol menjadi andalan dan berbeda dengan sirkuit di negara-negara lain.

“Balapan ini untuk tontonan. Bagaimana agar tontonan ini menarik? Harus ada banyak overtake, harus ada banyak kompetisi di antara pembalap,” katanya.

Dia menambahkan, karena bentuk sirkuit di Ancol memungkinkan adanya overtaking, maka acara balap dipastikan akan menarik sekali.

Irawan bahkan mengatakan desain sirkuit Formula E di Jakarta sulit diikuti oleh negara lain.

“Karena geometri jalan yang mereka (negara lain) pakai tidak memungkinkan membuat dimensi yang lebih besar pada saat mau masuk tikungan. Biasanya kalau overtake kan dapatnya selalu di trek lurus agak panjang. Nah, di sini kita melibatkan banyak sekali posisi-posisi itu," ujarnya.

 

Reporter: Yunita Amalia

Sumber: Merdeka