Sukses

Car Free Day di Jakarta Kembali Dibuka Besok, Polisi Tegaskan Hanya untuk Olah Raga

Pemprov DKI Jakarta kembali menggadakan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau car free day mulai Minggu 22 Mei 2022. Ada enam lokasi yang ditetapkan sebagai HBKB.

Liputan6.com, Jakarta Pemprov DKI Jakarta kembali menggadakan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau car free day mulai Minggu 22 Mei 2022. Ada enam lokasi yang ditetapkan sebagai HBKB.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menerangkan, HBKB berlangsung dari pukul 06.00 WIB sampai pukul 10.00 WIB.

"Iya besok untuk pertama kalinya setelah masa pandemi akan dimulai lagi CFD di 6 lokasi," kata dia di Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta Pusat Sabtu (21/5/2022).

Sambodo menerangkan, HBKB dilaksankan di Bundaran Patung Kuda sampai Bundaran Senayan, Traffic Light Harmoni sampai Rumah Sakit Tarakan, Danau Sunter Selatan sampai GOR Sunter, Traffic Light Tomang sampai Tomang Business Hotel, Traffic Light CSW sampai Bundaran Senayan, dan Simpang Pemuda sampai Simpang Tugas.

Adapun, alasan memperluas HBKB supaya memecah massa agar tidak hanya berkumpul di jalan kawasan Sudirman-Thamrin.

"Tadinya pelaksanaan HBKB bergiliran menimbang dan mengingat dan usulan para warga kita laksanakan sekaligus 6 lokasi yakni Sudirman-Thamrin, Tomang, Sunter dan Pemuda," ucap dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hanya Untuk Olahraga

Sambodo mengatakan, HBKB hanya diperuntukkan bagi masyarakat yang mau melakukan kegiatan olahraga. Sementara, pedagang masih dilarang berjualan.

"Ini masih terlarang untuk PKL. Jadi CFD hanya masyarakat yang mau berolahrga," ujar dia.

Sambodo mengingatkan masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan. Dalam hal ini, kepolisian bekerjasama dengan Pemprov DKI Jakarta akan memantau aktivitas masyarakat. Rencananya apilikasi PeduliLindungi akan dipasang di titik-titik HBKB.

"Kami akan memantau pelaksanaan prokes nantinya mereka berolahraga tentu kalau ada yamg berkerumun akan kita imbau untuk tetap menjaga prokes," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.