Sukses

Infografis Prosesi dan Perkemahan Jokowi di Titik Nol IKN Nusantara

Jokowi menggelar doa bersama serta prosesi penyatuan tanah dan air dari 34 provinsi di Indonesia. Setiap gubernur memang diminta membawa tanah dan air serta pohon ke Titik Nol Kilometer IKN Nusantara.

Liputan6.com, Jakarta - Ada kemeriahan di kawasan Titik Nol Kilometer Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Senin 14 Maret 2022. Presiden Joko Widodo atau Jokowi beserta rombongan mengunjungi kawasan cikal bakal IKN Nusantara.

Jokowi menggelar doa bersama dan prosesi penyatuan tanah dan air dari 34 provinsi di Indonesia. Setiap gubernur memang diminta membawa tanah dan air serta pohon khas masing-masing daerah ke Titik Nol IKN Nusantara.

Tanah dan air dari seluruh penjuru Indonesia itu kemudian disatukan dalam bejana besar. Penyatuan tanah dan air disebut prosesi Kendi Nusantara.

Penanaman bersama pohon khas dari setiap daerah pun digelar. Selanjutnya pada malam harinya, Jokowi yang ditemani Ibu Negara Iriana, Gubernur Kaltim Isran Noor beserta sejumlah menteri berkemah sekitar 2,7 kilometer dari Titik Nol IKN Nusantara.

Apa pesan Jokowi? Apa makna filosofis dari prosesi Kendi Nusantara? Apa serba-serbi bawaan para gubernur? Simak selengkapnya dalam rangkaian Infografis berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Infografis Prosesi dan Perkemahan Jokowi di Titik Nol IKN Nusantara

3 dari 4 halaman

Infografis Makna Filosofis Prosesi Kendi Nusantara

4 dari 4 halaman

Infografis Serba-Serbi Bawaan Para Gubenur di Titik Nol IKN Nusantara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.