Sukses

Melihat Isi Tenda Kemah Jokowi di IKN: Tidak Ada AC, Disiapkan Mi Instan

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana akan berkemah di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur, Senin malam (14/3/2022).

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ibu Negara Iriana akan berkemah di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur, Senin malam (14/3/2022). Sebuah tenda untuk Jokowi beristirahat pun telah dibangun.

Kepala Sekretariat Presiden mengatakan, isi tenda Jokowi kemah tidak banyak, hanya kasur untuk tidur. Dia memastikan, tidak ada pendingin ruangan (AC) di dalam tenda tempat Jokowi akan tidur.

"Ya menginap di tenda, isi tenda hanya kasur saja. Enggak ada (AC)," kata Heru kepada wartawan, Senin (14/3/2022).

Menurut dia, tidak ada makanan khusus yang dipersiapkan di tenda Jokowi di IKN Nusantara. Kendati begitu, pihak Istana menyiapkan mi instan di tenda untuk Presiden Jokowi.

"Makanan biasa saja kue dan buah. Enggak ada (makanan khusus). Paling Indomie (mi instan)," ujar dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gubernur Kalimantan Timur Ikut Kemah

Heru menyampaikan, hanya Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Isran Noor yang akan ikut berkemah dengan Jokowi di IKN Nusantara. Sementara itu, 33 gubernur lainnya pulang dan tidak ikut berkemah.

Dia mengatakan, sarana untuk berkemah di kawasan IKN Nusantara masih terbatas, seperti air dan tenda. Selain itu, tenda yang bisa dibangun hanya sedikit karena tanah di IKN yang belum rata.

"Sarana yang terbatas. Air, tenda, dan lahan yang tidak rata sehingga terbatas yang bisa di bangunkan tenda," jelasnya.

Tak hanya Gubernur Kaltim, Jokowi juga akan ditemani sejumlah menteri saat berkemah di IKN Nusantara. Mereka antara lain, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Bappenas Suharso Monoarfa, Sekretariat Kabinet Pramono Anung, dan Menteri BUMN Erick Thohir.

"Kepala otorita dan wakil (juga ikut kemah)," ucap Heru.

3 dari 4 halaman

Penyemprotan Cegah Malaria

Komandan Paspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo menjelaskan beberapa tim paspampres sudah bersiap di lokasi perkemahan Jokowi. Dia menjelaskan timnya sudah melakukan pencegahan.

Mulai dari lokasi yang akan ditempati Jokowi berkemah juga sudah dilakukan penyemprotan fogging untuk mencegah malaria. Tak lupa para tim sudah melakukan swab untuk memastikan kesehatan mereka sesuai dengan protokol kesehatan.

"Kita sudah melaksanakan pencegahan malaria, sudah di fogging yang ada di sana keamanan lainnya yaitu di sekitar tenda-tenda di sekitaran VVIP," kata Tri Budi Utomo dalam saluran YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (13/3/2022).

4 dari 4 halaman

Siapkan Garam

Tidak hanya itu, pihaknya juga sudah menyiapkan garam hingga bisa anti-ular. Hal itu disiapkan untuk mencegah munculnya binatang di lokasi kemah Jokowi.

"Garam dan sebagainya untuk mengantisipasi binatang melata dan itu kita siapkan bisa anti-ular, mudah-mudahan berguna tapi semoga tidak terpakai," ungkap Budi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.