Sukses

Jokowi Kemah di IKN, Paspampres Tebar Garam dan Siapkan Bisa Antiular

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan bermalam di Titik Nol Ibu Kota Nusantara atau IKN hari ini, Senin 14 Maret 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan bermalam di Titik Nol Ibu Kota Nusantara atau IKN hari ini, Senin 14 Maret 2022. Menurut keterangan Istana, Jokowi akan tinggal di tenda sederhana untuk beristirahat.

Terkait keamanan Jokowi kepala negara, Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres) Mayjen TNI Tri Budi Utomo memastikan pengamanan level VVIP akan diberlakukan. Khususnya, pada area di sekitar tenda yang dekat dengan hutan belantara.

"Sekitar VVIP sudah kita sebarkan juga sebarkan seperti garam dan sebagainya untuk mengantisipasi binatang melata," kata Tri dalam keterangan pers diterima, Senin (14/3/2022).

Selain itu, Tri menyebut pihaknya juga sudah membawa bisa antiular. Namun dia berharap, hal itu tidak digunakan dan semua dalam keadaan aman.

Untuk keamanan pada sektor ring 2 dan 3, Tri memastikan kordinasi bersama Kapolda Kalimantan Timur bersama Pangdam VI Mulawarman sudah dilakukan. Sehingga pihaknya dapat fokus menjaga ring 1 Titik Nol selama giat berlangsung.

"Kami sudah kordinasi dengan Pangdam dan Kapolda jadi mudah-mudahan ring 2 dan 3 sudah tercover sehingga keamanan di ring 1 bisa sangat menjamin keamanan beliau," Tri menutup.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ritual Doa

Sebagai informasi, selain berkemah, Jokowi dan awak rombongan 34 gubernur juga akan melakukan ritual doa di Titik Nol.

Mereka pun membawa persembahan tanah dan air dari masing-masing domisili sebagai wujud persatuan Nusantara yang nantinya kedua benda itu akan disatukan Jokowi dalam satu wadah.

 

3 dari 3 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • IKN