Sukses

Bangun Kemandirian Media, Wadirut Emtek Minta Pemerintah Tegakkan Aturan Setara dengan Platform Digital

Sutanto mengatakan, problematika yang paling jelas adalah mencari solusi dari hadirnya platform digital itu sendiri. Salah satunya meminta pemerintah lebih tegas dalam menegakkan kesetaraan terhadap platform digital.

Liputan6.com, Jakarta Wakil Direktur Utama Elang Media Teknologi (Emtek) Sutanto Hartono mengurai cara bagaimana membangun kemandirian media terhadap platform digital. Menurut dia, problematika yang paling jelas adalah mencari solusi dari hadirnya platform digital itu sendiri.

"Sebelum kita bicara soal kemandirian, salah satu faktor yang harus dipertahankan adalah kita tidak ingin adanya proteksi tapi kami meminta pemerintah lebih tegas dalam menegakkan kesetaraan (terhadap platform digital)," kata Sutanto saat Konvensi Nasional Media di Hari Pers Nasional (HPN) di Kendari, seperti dikutip dari siarang daring, Selasa (8/9/2022).

Sutanto menyayangkan, kepatuhan platform digital terhadap Undang-Undang terkadang membuat prihatin. Sebab, menurutnya sejumlah pemain global yang masuk dalam ranah platform digital seakan tidak tersentuh oleh aturan perundang-undangan yang berlaku di Tanah Air.  

Sutanto mencontohkan, UU antipornografi yang tidak menjerat platform terkait yang menjadi medium penyebarannya. Malahan, mereka bisa dengan mudah dikonsumsi melalui platform digital itu sendiri.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sinergi dan Kolaborasi Media Nasional

Mengatasi hal itu, dia pun mengimbau kepada ekosistem media dalam negeri untuk dapat membangun kekuatan dari media nasional milik sendiri. Caranya, dengan saling kolaborasi antar pihak untuk bisa menggunakan media nasional sebagai pilihan.

"Ini alarm, (misal) media streaming ini stream melalui youtube, padahal kita sebagai media nasional punya beragai platform, ada kumparan, detik juga vidio.com. 

Jadi yuk, ke depan kita harus saling dukung eksistensi dimiliki media nasional agar kita bisa memanfaatkan platform tersebut," Sutanto memungkasi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.