Sukses

Melihat Vaksinasi Booster Covid-19 di Puskesmas Kramat Jati Jakarta

Pemberian vaksinasi booster digelar di tenda terbuka. Alur vaksinasi Covid-19 ini berjalan seperti dosis pertama dan kedua, mulai dari pendaftaran, screening, hingga penyuntikan dan observasi.

Liputan6.com, Jakarta - Vaksinasi booster Covid-19 di Indonesia resmi dihelat mulai hari ini, Rabu (12/1/2022). Salah satu tempat yang menggelar pemberian vaksin Covid-19 dosis ketiga adalah Puskesmas Kramat Jati, Jakarta Timur.

Pantauan Liputan6.com di Puskesmas Kramat Jati, pukul 09.30 WIB, vaksinasi digelar di tenda terbuka. Alur vaksinasi juga berjalan seperti dosis pertama dan kedua, mulai dari pendaftaran, screening, hingga penyuntikan dan observasi.

Warga yang masuk dalam kategori lansia pun sudah mulai berdatangan untuk mendapatkan suntikan vaksin Covid-19 dosis ketiga. 

Pemprov DKI Jakarta menyiapkan seluruh puskesmas untuk melayani vaksinasi dosis ketiga (booster) dengan prioritas kepada kelompok lanjut usia (lansia) mulai Rabu. Syarat mendapatkan vaksinasi tersebut adalah sudah lebih dari enam bulan setelah disuntikkan vaksin Covid-19 dosis kedua.

Pelaksanaan booster atau vaksinasi ketiga ini merupakan tindak lanjut dari kebijakan pemerintah untuk mengendalikan Covid-19. Presiden Jokowi pun memastikan pemberian dosis ketiga vaksin Covid-19 tidak dipungut biaya alias gratis bagi seluruh masyarakat Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dinkes Jakarta: Seluruh Puskesmas Siap Layani Vaksinasi Booster bagi Lansia

Penyuntikan vaksin Covid-19 ketiga dimulai hari ini, Rabu (12/1/2022). Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta memastikan kesiapan seluruh puskesmas di Jakarta untuk melayani vaksinasi booster tersebut.

"Kita sudah infokan ke semua puskesmas, nanti kita lihat seberapa banyak sasaran bisa sempat hadir," kata Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti pada wartawan, Selasa malam, 11 Januari 2022. 

Widyastuti memastikan, akan dibuat alur antrean yang rapi dan tidak menimbulkan kerumunan pemberian vaksin booster, sehingga lansia dapat terlayani dengan baik. "Karena dibutuhkan alur yang lebih rapi karena lansia kasihan ya, kalau enggak diatur dengan rapi," ujar dia.

Dia memastikan, seluruh puskesmas siap menerima vaksinasi booster bagi para lansia di Jakarta. "Intinya teman-teman puskesmas sudah siap menerima lansia yang akan melakukan vaksinasi (booster)," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.