Sukses

Jokowi: Vaksinasi Booster Gratis untuk Seluruh Masyarakat

Adapun vaksinasi booster akan diprioritasjan untuk masyarakat lanjut usia (lansia) dan kelompok rentan.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi mengatakan vaksinasi booster atau dosis ketiga di Indonesia akan dimulai pada Rabu, 12 Januari 2022. Jokowi memastikan pemberian vaksin booster gratis untuk semua masyarakat.

"Saya telah memutuskan pemberian vaksin ketiga ini gratis bagi seluruh masyarakat Indonesia," kata Jokowi dalam konferensi pers di Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (11/1/2022).

Dia menegaskan komitmen pemerintah dalam mengutaman keselamatan masyarakat. Adapun vaksinasi booster akan diprioritasjan untuk masyarakat lanjut usia (lansia) dan kelompok rentan.

"Upaya ini (vaksinasi booster) ini penting dilakukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh masyarakat mengingat virus Covid-19 yang terus bermutasi," jelas Jokowi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lima Vaksin Booster

Sebelumnya, Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia (BPOM RI) menyetujui penggunaan lima vaksin untuk program vaksinasi booster atau dosis lanjutan. Kelima vaksin tersebut antara lain, CoronaVac, Pfizer, AstraZeneca, Moderna, dan Zivivax

Kepala BPOM RI, Penny K Lukito, mengatakan, vaksin booster dibutuhkan untuk bisa menangani pandemi COVID-19 agar segera berakhir.

Pemerintah akan memulai vaksinasi booster atau pemberian vaksin COVID-19 dosis ke-3 pada Rabu, 12 Januari 2021. Program ini akan menyasar populasi lanjut usia (lansia). Adapun vaksin yang digunakan dalam program vaksinasi nasional, termasuk booster, merupakan vaksin yang telah memeroleh emergency use authorization (EUA) dan BPOM RI.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.