Sukses

Luhut: Meski Kasus Covid-19 Naik di Jawa-Bali, Hanya Ada 1 Kematian yang Ditemukan di DKI Selama Januari

Dia mengakui terdapat sedikit lonjakan kasus di sejumlah daerah di Jawa dan Bali. Kendati begitu, Luhut menuturkan kasus konfirmasi Covid-19 di provinsi Jawa-Bali lainnya sejauh ini masih terkendali.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan kasus kematian akibat Covid-19 di Jawa-Bali tetap terjaga dengan baik, meski kasus virus corona meningkat. Dia menyebut hanya ada 1 kasus kematian akibat Covid-19 di DKI Jakarta selama Januari 2022.

"Meski kasus meningkat, kasus kematian di Jawa-Bali terjaga dengan sangat baik. Hanya 1 kematian selama bulan Januari ini yang ditemukan di Jakarta," ujar Luhut dalam konferensi pers di Youtube Sekretariat Presiden, Senin (10/1/2022).

Dia mengakui terdapat sedikit lonjakan kasus di sejumlah daerah di Jawa dan Bali. Kendati begitu, Luhut menuturkan kasus konfirmasi Covid-19 di provinsi Jawa-Bali lainnya sejauh ini masih terkendali.

"Kasus konfirmasi di provinsi lainnya relatif terjaga dengan baik, meskipun terdapat sedikit kenaikan di Bali, Banten dan Daerah Istimewa Yogyakarta," katanya.

Luhut menyampaikan tren peningkatan kasus Covid-19 disebabkan oleh pelaku perjalanan luar negeri. Dari 393 kasus Covid-19 yang ditemukan di DKI per 9 Januari 2022, sebanyak 300 kasus berasal dari pelaku perjalanan luar negeri yang baru kembali ke Indonesia.

"Jadi saya, kami mohon teman-teman sekalian untuk menahan diri dl untuk perjalanan ke luar negeri, kecuali sangat-sangat penting," jelas Luhut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tingkatkan Testing

Disisi lain, dia mengapresiasi daerah yang telah meningkatkan jumlah testing dan tracing Covid-19 dalam seminggu terakhir. Khususnya, di wilayah aglomerasi Jawa dan Bali.

"Pekerjaan mutlak terus dijalankan agar kita dapat memitigasi hal-hal yang tidak diinginkan dalam penanganan pandemi ini," ucap Luhut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Luhut Binsar Pandjaitan kini menjabat sebagai Menkopolhukam di pemerintahan era Presiden Joko Widodo
    Luhut Binsar Pandjaitan kini menjabat sebagai Menkopolhukam di pemerintahan era Presiden Joko Widodo

    Luhut Binsar Pandjaitan

  • Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.

    Omicron

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19