Sukses

Perusahaan Olahan Susu No.1 di Asia, Yili Group Resmikan Pabrik Es Krim Terbesar di Indonesia

Salah satu produsen terbesar se-Asia dan nomor lima di dunia, Yili Group turut memberikan produk pilihan olahan susu bagi masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta Susu sudah menjadi makanan pelengkap untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi bagi masyarakat. Berbagai produk olahan susu kini sudah banyak dipasaran. 

Salah satu produsen terbesar se-Asia dan nomor lima di dunia, Yili Group turut memberikan produk pilihan olahan susu bagi masyarakat. 

Demi menjawab kebutuhan konsumen terhadap produk olahan susu, PT Yili Indonesia Dairy meresmikan pabrik produksi pertama yang dibangun dari nol di Asia Tenggara. 

Di lahan seluas 17 hektar tersebut, pabrik senilai 2 triliun rupiah ini mampu memproduksi merek Es Krim Joyday sebanyak 159-ton es krim per hari dengan proyeksi kapasitas produksi sampai dengan empat juta buah es krim per hari setelah investasi tahap kedua. 

Presiden Direktur PT Yili Indonesia Dairy, Yu Miao menjelaskan peresmian pabrik fase pertama ini merupakan langkah awal dari investasi dan kerjasama jangka panjang PT Yili Indonesia Dairy dengan Indonesia. Pabrik seluas 8 hektar ini akan memiliki kapasitas produksi lebih dari 50 ribu ton per tahun.

"Hadirnya Pabrik Yili Indonesia Dairy diproyeksikan akan membuka lebih dari 5,000 lapangan pekerjaan baru secara langsung maupun tidak langsung. PT Yili Indonesia Dairy juga akan memperluas kerja sama dan berkomitmen untuk menggunakan bahan baku lokal dari seluruh distributor di Indonesia," jelas Yu Miao.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fasilitas terbaik 

Yili Group juga telah menerapkan fasilitas produksi berkelanjutan dan ramah lingkungan dengan mengadopsi strategi manajemen rantai pasokan hijau. Fasilitas Yili Group ini memiliki sistem pengolahan air limbah yang mendaur ulang air dan membantu pabrik menghemat hingga 4.000 ton air per tahun. 

"Pabrik ini juga menggunakan mesin yang hemat energi dan berefisiensi tinggi, serta boiler gas alam yang dapat memangkas konsumsi listrik sebesar 1,21 juta kilowatt-jam per tahun dan memangkas emisi karbon dioksida sebesar 8.029 ton per tahun," ujar Yu Miao.

Ia melanjutkan bahwa pabrik ini sudah memproduksi 35 varian rasa es krim Joyday dengan lini distribusi yang tersebar di 260 kabupaten/kota di 26 provinsi di Indonesia. Yili Group juga berencana untuk ekspor produk dari pabrik ini ke negara Asia Tenggara lainnya termasuk Singapura, Thailand, dan Myanmar. 

Terkini, es krim Joyday menerima “2021 Brand Choice Award” pada bulan Juni 2021 dari InfoBrand, sebuah otoritas riset merek di Indonesia sebagai es krim pilihan konsumen berdasarkan aspek: Brand Awareness, Brand Choice dan Brand Reviews & Ratings.

Menanggapi hal itu, Komisaris dan Presiden dari Yili Group, Pan Gang menyampaikan kegembiraan dan harapannya akan peresmian pabrik. 

“Melihat ke depannya, kami akan menggunakan industri berbasis susu Yili di Indonesia, membangun kerjasama antara Tiongkok dan Indonesia dalam industri berbasis susu bagi kehidupan masyarakat yang sehat, mengembangkan kualitas lingkungan yang baik antara Tiongkok dan Indonesia, dan berkontribusi bagi kesejahteraan Indonesia," Pan Gang.

Mengenai hal itu, pemerintah Indonesia menyambut baik investasi dan pembangunan serta peresmian pabrik PT Yili  Indonesia Dairy. 

Menteri Industri, Agus Gumiwang Kartasasmita mengapresiasi PT Yili  Indonesia Dairy atas investasinya di Indonesia dan rasa produk es krim Joyday yang enak dan  dengan harga yang terjangkau, 

“Langkah [PT Yili Indonesia Dairy] ini menunjukkan  optimisme investor terhadap peluang usaha yang tetap terbuka lebar dan iklim usaha yang  semakin baik di Indonesia walaupun saat ini masih ada virus Covid-19 di tengah-tengah kita,” ujarnya. 

 

Senada dengan Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, Plt Bupati Kabupaten Bekasi, Akhmad Marjuki mengemukakan harapannya agar pabrik PT Yili Indonesia Dairy  dapat membawa manfaat bagi kesejahteraan warga kabupaten Bekasi dan Indonesia. 

“Saya  ingin mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada jajaran pimpinan PT Yili Indonesia  Dairy yang telah memberikan kepercayaan kepada tanah kabupaten Bekasi yang dinilai sebagai  tempat terbaik untuk mendirikan dan menjalankan roda bisnisnya, tuturnya. 

Pan Gang berharap bahwa Yili Group akan terus meningkatkan inovasi produk serta menciptakan lebih banyak lapangan kerja bagi masyarakat Indonesia. Ia yakin, Yili Group juga akan berpartisipasi secara aktif ke dalam pengembangan ekonomi lokal dan bekerja sama dengan mitra kami untuk memberi manfaat bagi lebih banyak orang.

Untuk menunjukkan komitmen perusahaan dalam mendukung pemulihan ekonomi dan kesehatan Indonesia, Yili Group juga mengadakan vaksinasi massal untuk murid-murid dari sekolah di sekitar lokasi pabrik, tepatnya di Desa Sukabungah, berjarak 7 kilometer dari pabrik Yili. 

Kegiatan vaksinasi yang menyasar penerima vaksin dari usia 12-17 tahun ini merupakan bentuk komitmen perusahaan untuk turut aktif mendukung upaya pemerintah Indonesia dalam menangani pandemi Covid-19. 

Sebelumnya, Yili Group dan anak usahanya PT Green Asia Food Indonesia juga telah mendistribusikan lebih dari 500 ribu es krim Joyday bagi para penerima vaksin dan tenaga kesehatan di DKI Jakarta dan Jawa Barat, mendistribusikan sepeda modifikasi untuk mendukung usaha UMKM di sekitar Jawa Barat, serta membagikan 100.000 masker medis, alat pelindung diri dan kacamata pelindung untuk tenaga kesehatan. 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini