Sukses

Demo Buruh, Arus Lalu Lintas di Depan Patung Kuda Jakarta Pusat Ditutup

Sambodo Purnomo mengatakan, kendaraan yang melintar di Gedung Sapta Pesona dialihkan ke Budi Kemuliaan dan Medan Merdeka Selatan.

Liputan6.com, Jakarta Polisi melakukan pengalihan arus lalu lintas di Gedung Sapta Pesona, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta atau tepatnya di depan patung kuda Arjuna Wiwaha lantaran ada aksi massa yang tergabung dalam Gerakan Buruh Bersama Rakyat (Gebrak) terkait UMP 2022.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo mengatakan, kendaraan yang melintar di Gedung Sapta Pesona dialihkan ke Budi Kemuliaan dan Medan Merdeka Selatan.

"Saat ini sudah (penutupan). Depan Sapta Pesona ditutup," kata dia dalam keterangan tertulis, Senin Senin (29/11/2021).

Sebelumnya, Wakapolres Metro Jakarta Pusat AKBP Setyo Koes Heriyatno menerangkan, sebanyak 1.499 personel gabungan dikerahkan untuk mengamankan aksi unjuk rasa.

Setyo menyebut, pengemanan dalam rangka aksi penyampaian pendapat dimuka umum oleh beberapa aliansi buruh.

"Tadi kita laksanakan apel. Ada 1499 personil gabungan TNI, Polri dan Pemda DKI Jakarta," tandas dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Aksi Lanjutan

Aksi ini merupakan kelanjutan dari unjuk rasa sebelumnya pada Kamis 25 November 2021.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia Said Iqbal memberikan ultimatum kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, untuk segera mencabut Surat Keterangan (SK) Gubernur tentang Penetapan UMP DKI Jakarta Tahun 2022.

Dalam tuntutannya, mereka menilai penetapan UMP 2022 itu tidak memperhitungkan kondisi ekonomi dan inflasi. Penetapan UMP DKI Jakarta tahun 2022 dinilai sangat sedikit, yakni Rp4.452.724, jika dibandingkan tahun 2021 sebesar Rp4.416.186.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.