Sukses

VIDEO: Pro Kontra Keberadaan APTB

APTB dibuat untuk memudahkan warga sekitar Jakarta untuk menjangkau bus Transjakarta.

Angkutan perbatasan terintegrasi bus Transjakarta atau APTB ternyata sudah 1 tahun terakhir dioperasikan. Namun moda transportasi yang diluncurkan oleh Pemda DKI ini masih menuai pro dan kontra, salah satunya karena jarak perjalanan pengguna menjadi lebih jauh sehingga waktu perjalanan lebih lama.

Padahal menurut informasi yang dihimpun Liputan 6 SCTV Rabu (19/12/2012), APTB dibuat untuk memudahkan warga sekitar Jakarta untuk menjangkau bus Transjakarta.

Kendati demikian, saat ini sudah ada 4 rute APTB yang beroperasi. Salah satunya adalah rute Cibinong - Grogol, yang diresmikan sejak 8 desember lalu.

Meski APTB itu nantinya akan menggantikan bus yang selama ini beroperasi, namun hingga kini APTB bertarif Rp 10 ribu yang termasuk ongkos naik bus Transjakarta itu baru memiliki 5 armada.

Pemda DKI Jakarta memang harus terus berbenah untuk memperbaiki moda transportasi umum. Apalagi kebijakan pembatasan kendaraan berdasarkan nomor ganjil dan genap segera diberlakukan. Kebijakan itu juga diharapkan membuat para pengguna mobil beralih menggunakan transportasi umum, agar kemacetan di Jakarta berkurang. (Ary)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.