Sukses

Top 3 News: Evakuasi Jenazah Nakes di Distrik Kiwirok Papua Diwarnai Tembakan

Liputan6.com, Jakarta Proses evakuasi jenazah tenaga kesehatan (nakes) Gabriela Meilan (22) diwarnai baku tembak antara petugas dengan Kelompok Separatis Teroris (KST) di Distrik Kiwirok, Papua. Evakuasi pun untuk sementara dihentikan.

Sebelumnya, sejumlah tenaga kesehatan dilaporkan terluka setelah mengalami penganiayaan oleh KST yang meneror Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, Rabu 15 September sore. Fasilitas kesehatan pun dibakar.

Kurang lebih 10 nakes yang tengah bertugas di sana melarikan diri dengan berpencar. Tak terkecuali Suster Gabriela Meilan. Saat berusaha meloloskan diri dari pengejaran kelompok separatis, Gabriela jatuh ke dalam jurang.

Berita terpopuler lainnya terkait sejumlah wilayah di Tanah Air yang diguncang gempa, Jumat, 17 September 2021. BMKG mencatat ada tiga lindu yang terjadi. Salah satunya terjadi di Melonguane,  Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara (Sulut) dengan magnitudo 5. 

Sementara itu, jatuhnya Pesawat Rimbun Air di Pegununan Papua yang menewaskan ketiga awaknya juga tak kalah menuai sorotan. Ketiganya merupakan pilot pesawat, ko-pilot, dan tenaga teknisi.

Jenazah sang pilot Rimbun Air, Agtihia Mirza yang tiba sejak Jumat, 17 September kemarin di Bogor, Jawa Barat telah dimakamkan di Taman Makam Auri sekitar pukul 19.00 WIB.

Sebelumnya, sempat pemulangan ketiga jenazah terkendala akibat cuaca buruk. 

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Jumat, 17 September 2021:

2 dari 4 halaman

1. Ditembaki KST, Proses Evakuasi Jenazah Nakes di Distrik Kiwirok Papua Dihentikan

Proses evakuasi jenazah tenaga kesehatan (nakes) Gabriela Meilan (22) dihentikan lantaran petugas gabungan ditembaki Kelompok Separatis Teroris (KST) di Distrik Kiwirok, Papua.

Kapendam XVII/Cenderawasih, Kolonel Arm Reza Nur Patria mengatakan, penembakan terjadi saat tim evakuasi hendak turun ke jurang tempat ditemukannya jenazah nakes tersebut.

"Jadi benar, pada saat anggota kita turun untuk mengambil jenazah diganggu sama kelompok separatis ini, terus proses evakuasinya belum bisa dilaksanakan sekarang. Masih di Distrik Kiwirok, masih di daerah situ juga," kata Reza saat dihubungi merdeka.com, Jumat (17/9/2021).

Ia menyebut, gangguan terhadap proses evakuasi jenazah nakes tersebut terjadi sekitar pukul 10.00 WIT.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. 3 Wilayah Indonesia Diguncang Gempa Jumat 17 September 2021

Ada tiga gempa hingga pukul 21.30 WIB yang dilaporkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) hari ini, Jumat (17/9/2021). 

Ketiga lindu terjadi di Melonguane, Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara (Sulut), Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Lombok Timur. 

Gempa pertama terjadi di Lombok Timur. Bermagnitudo 3,8, lindu terjadi pada pukul 15:54:32 WIB. Getarannya terasa hingga III MMI (Modified Mercalli Intensity) di Lombok Utara.

Berikutnya, gempa getarkan Kabupaten Dompu, NTB. Berpusat di laut, gempa diinformasikan berkekuatan magnitudo 3.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Jenazah Pilot Rimbun Air Dimakamkan di Taman Makam AURI Bogor

 Isak tangis warnai kedatangan jenazah pilot pesawat Rimbun Air, Agtihia Mirza yang tiba sejak Jumat (17/9/2021) di Bogor, Jawa Barat.

Jenazah tiba sekitar pukul 17.00 WIB, yang kemudian disalatkan. Usai salat, almarhum dibawa ke Taman Makam Auri untuk dimakamkan sekitar pukul 19.00 WIB.

"Karena beliau pensiunan purnawirawan AURI, jadi dimakamkan di pemakaman AURI," kata Manager Director Rimbun Air, Romdhani.

Pemulangan jenazah korban pesawat jatuh itu sempat tertunda karena terkendala cuaca buruk di Papua. Semula dijadwalkan tiba di rumah duka pada Kamis tengah malam.

Romdhani menuturkan almarhum Mirza baru bergabung di Rimbun Air pada Januari 2021.

 

Selengkapnya...