Sukses

Hasto PDIP Sindir Penyebar Isu Megawati Sakit: Ibu Sehat dan Tersenyum Cantik

Liputan6.com, Jakarta Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengaku merasa heran banyaknya kabar hoaks yang menyebut bahwa Ketua Umumnya Megawati Soekarnoputri sakit.

Hal ini disampaikannya saat menghadiri pembukaan kegiatan Sekolah Partai Pendidikan untuk Kader Madya secara virtual, Jumat (10/9/2021). Megawati pun hadir dari kediamannya di Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat.

"Bagaimana di dalam demokrasi yang liberal ini hoaks tanpa suatu kebenaran fakta, sering kali dilemparkan tanpa tanggung jawab. Kita bisa melihat, ini Ibu Megawati dalam keadaan sehat walafiat. Ibu tersenyum begitu cantik, memberikan semangat kita semuanya," kata Hasto melalui Youtube PDI Perjuangan, Jumat.

Dia meminta para pembuat hoaks untuk berhenti menyebarkan isu-isu yang tak sesuai fakta. Hasto menyarankan mereka untuk berkontribusi membantu Pemerintah mengatasi pandemi Covid-19, ketimbang membuat hoaks.

"Daripada membuat hoaks, kita membantu pemerintah dengan vaksiansi dengan gotong rotong, dengan membuka dapur umum," ujarnya.

Menurut Hasto, PDIP tak biasa melakukan strategi hoaks demikian. Sebab, lanjut dia, PDIP berpandangan bahwa berpolitik harus penuh peradaban, nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, kebangsaan, hingga keadilan sosial.

"Kalau ada fitnah seperti itu, kita tak membalas, kita doakan saja, semoga mereka yang memfitnah itu bertobat. Sekali lagi membangun politik dengan energi positif. Buktinya begitu banyak isu diberikan, tapi rakyat tetap bersama dengan PDI Perjuangan dan semangat itulah yang ditanamkan oleh Ibu Megawati Soekarnoputri," kata Hasto.

 

2 dari 2 halaman

Bertentangan dengan Pancasila

Hasto mengingatkan bahwa hoaks merupakan kegiatan yang bertentangan dengan nilai yang ada di Pancasila. Hasto memastikan bahwa PDIP akan terus memberikan energi positif bagi bangsa.

"Mari berbagi fitnah, tidak akan melunturkan tekad kita dalam memberikan energi positif dan langkah nyata untuk bangsa dan negara," kata dia.

Dalam kesempatan itu, Megawati didampingi Ketua DPP PDIP Eriko Sotarduga dan Bendahara DPP PDIP Olly Dondokambey.

Eriko menegaskan bahwa hoaks yang disebarkan soal kondisi Megawati yang kritis dan dirawat di RSPP Jakarta, adalah tak benar.

"Panjang umur, sehat dan bahagia untuk ketua umum Ibu Megawati Soekarnoputri," ucap dia.