Sukses

Satgas Sebut Kasus Positif dan Aktif Covid-19 Turun Selama 7 Pekan

Wiku Bakti Bawono Adisasmito mengatakan kasus positif dan kasus aktif Covid-19 mengalami penurunan pada pekan ini.

Liputan6.com, Jakarta Juru bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Bakti Bawono Adisasmito mengatakan kasus positif dan kasus aktif Covid-19 mengalami penurunan pada pekan ini.

Penurunan ini membuat kasus positif dan kasus aktif Covid-19 menurun selama tujuh pekan berturut-turut.

"Kabar baiknya penurunan di minggu ini menandakan bahwa baik kasus positif maupun persentase kasus aktif nasional telah turun selama tujuh minggu berturut-turut," kata dia dalam konferensi pers yang disiarkan melalui YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (7/9/2021).

Meski menurun, Wiku mencatat kasus Covid-19 saat ini masih dua kali lipat lebih tinggi dari data Mei lalu. Selain kasus positif dan kasus aktif, bed occupancy rate (BOR) atau keterisian tempat tidur di rumah sakit rujukan Covid-19 juga menurun.

Dia mencatat, data 5 September 2021, tidak ada provinsi di Indonesia yang memiliki BOR rumah sakit rujukan Covid-19 di atas 60 persen. BOR tertinggi hanya mencapai 45,47 persen yaitu di Aceh.

"Ini artinya, keadaan darurat yaitu lonjakan pasien Covid-19 di rumah sakit telah berhasil kita lewati di semua provinsi di Indonesia," kata Wiku.

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menunjukkan Perbaikan

Wiku menuturkan, angka kematian akibat Covid-19 di Indonesia juga menunjukkan perbaikan. Penilaian ini dilihat dari penambahan kasus kematian harian di Indonesia yang berada di bawah angka 1.000.

Rata-rata kasus kematian Covid-19 harian pada sepekan terakhir hanya berada di angka 563. Padahal pada bulan sebelumnya, rata-rata kasus kematian Covid-19 harian mencapai lebih dari 1.000.

"Tentunya ini perkembangan yang menunjukkan adanya perbaikan meskipun tetap saja satu kematian saja terbilang nyawa, dan tidak bisa dibiarkan. Tujuan utama kita adalah untuk menihilkan kematian menjadi tidak ada sama sekali," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.