Sukses

Peringati HUT ke-76 RI, Penyintas Covid-19 di Tangerang Donor Massal Plasma Konvalesen

Para penyintas Covid-19 di Kota Tangerang memeriahkan perayaan HUT ke-76 RI dengan mengikuti donor plasma konvalesen.

Liputan6.com, Tangerang - Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Republik Indonesia di tengah keterbatasan akibat pandemi Covid-19 tak membuat warga Kota Tangerang kehilangan makna.

Sejumlah warga, khususnya penyintas Covid-19 memperingati HUT Kemerdekaan RI dengan berbondong-bondong mengikuti donor massal plasma konvalesen yang digelar di Atrium Tangcity Mall, Kota Tangerang, Selasa (17/8/2021).

Aksi kemanusiaan ini bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang dan akan digelar selama sepekan ke depan, yakni mulai Senin hingga Minggu, 16-22 Agustus 2021.

Di ajang ini, para calon pendonor akan dimanjakan dengan Lucky Dip dengan total hadiah uang tunai sebesar Rp 18 juta dan ratusan merchandise eksklusif menarik lainnya.

Sementara pengunjung Tangcity Mall dapat menikmati fasilitas cek kesehatan gratis yang tersedia selama event berlangsung.

"Permintaan plasma konvalesen yang meningkat di Kota Tangerang ini, mendorong Tangcity Mall untuk mengadakan gerakan ini untuk membantu pemulihan pasien Covid-19. Selain itu, kami juga melanjutkan dukungan kepada PMI Kota Tangerang yang sudah berlangsung untuk mengumpulkan pendonor darah, karena stok kantong darah tidak banyak di masa pandemi ini," ujar VP Director Tangcity Superblock Norman Eka Saputra.

PMI Kota Tangerang menyiapkan 2 unit mesin donor plasma konvalesen (apherisis) dan 4 ranjang untuk kegiatan donor darah. Norman Eka optimistis, kegiatan ini mampu mengumpulkan lebih dari 240 kantong plasma konvalesen.

"Peserta bisa dari kalangan manapun. Ada karyawan perkantoran, pejabat pemerintahan, anggota TNI/Polri, selebriti dan lain-lain," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Vaksinasi Covid-19 di Tangcity Mall Masih Berlangsung

Sebagai edukasi kepada pengunjung dan peserta donor plasma, Tangcity Mall menghadirkan Dr Monica sebagai inisiator terapi plasma konvalesen di Indonesia, dalam bentuk talkshow.

Selain itu, di hari yang sama, dr M Ingrid Budiman selaku dokter spesial gizi Rumah Sakit Bethsaida Tangerang juga akan memberikan informasi menarik tentang pemenuhan gizi penderita Covid-19.

"Di samping dukungan kami terhadap program percepatan vaksinasi, kami harap ikhtiar dalam mencari pendonor plasma ini membuahkan hasil yang positif untuk dapat dirasakan masyarakat," kata Norman Eka.

Sementara itu, program vaksinasi dosis pertama dan kedua di Tangcity Mall telah berjalan lebih dulu sejak 1 Juli 2021 bekerja sama dengan Polres Metro Tangerang Kota dan Kodim 0506/Tgr. Menjangkau masyarakat Tangerang Raya dan sekitarnya. Hingga kini kegiatan tersebut masih berlangsung.

3 dari 3 halaman

Infografis 6 Kriteria Penyintas Covid-19 Donor Plasma Konvalesen

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.