Sukses

Upacara HUT ke-76 RI, Menag Yaqut Berdoa Terjaganya Keindahan Negeri

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas membaca doa pada upacara HUT ke-76 RI di halaman Istana Merdeka.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas membaca doa pada upacara HUT ke-76 RI. Doa tersebut dilantunkannya di halaman Istana Merdeka, Selasa (17/8/2021) dalam upacara yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo.

"Anugerahilah kami, pemimpin-pemimpin kami, dan bangsa kami, kemampuan mensyukuri nikmat anugerahMu dalam sikap-sikap indah yang Engkau ridlai. Selamatkanlah jiwa-jiwa kami dari noda-noda yang mencoreng keindahan martabat kami," ujar Yaqut dalam doanya yang diawali dengan basmalah, hamdalah, dan shalawat Nabi, seperti dikutip dari siaran daring, Selasa (17/8/2021).

Pria karib disapa Gus Yaqut ini kemudian bermunajat, menyampaikan harapan agar para pemimpin dan warga bangsa diberi anugerah kepekaan untuk menangkap dan mensyukuri keindahan kemerdekaan, kehidupan, kemanusiaan, kesederhaan, keindahan kasih sayang dan saling menyayang, serta keindahan kebijaksanaan dan keadilan.

"Kokohkanlah jiwa raga kami, untuk menjaga keindahan negeri kami," harap dia.

Sebagai informasi, hadir pula dalam upacara Wapres KH Ma'ruf Amin, Pimpinan Lembaga Tinggi Negara, Menteri Kabinet Indonesia Maju, dan sejumlah tamu undangan. Menag Yaqut dalam upacara Kemerdekaan ini mengenakan pakaian adat Betawi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pakai baju adat, Puan Maharani baca Teks Proklamasi

Sebelum pembacaan doa, Ketua DPR Puan Maharani didaulat membacakan Teks Proklamasi. Dia membacakan Teks Proklamasi.

"Proklamasi, kami bangsa Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia," demikian petikan Teks Proklamasi yang dibacakan oleh Puan Marhani

Setelah pembacaan teks proklamasi, Presiden Jokowi memimpin mengheningkan cipta.

"Untuk mengenang jasa para pahlawan dan pejuang-pejuang bangsa, utamanya sang proklamator Bung Karno dan Bung Hatta mengheningkan cipta di mulai," ucap Jokowi mengajak peserta upacara.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.