Sukses

Upacara HUT ke-76 RI, Jokowi Pakai Baju Adat Lampung

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengenakan baju adat Lampung saat Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi di halaman Istana Merdeka Jakarta, Selasa (17/8/2021).

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengenakan baju adat Lampung saat Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi di halaman Istana Merdeka Jakarta, Selasa (17/8/2021). Jokowi akan bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Berdasarkan pantauan dari Youtube Sekretariat Presiden, Jokowi tiba di tempat upacara sekitar pukul 09.52 WIB. Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana yang memakai busana nasional dengan kain songket.

Adapun baju adat yang dikenakan Jokowi tersebut didominasi warna merah dan putih. Sementara itu, Wapres Ma'ruf Amin yang hadir mengenakan baju adat Sunda bewarna biru.

Sama seperti tahun 2020, Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada tahun ini pun hanya dihadiri oleh undangan terbatas yang terlibat dalam rangkaian upacara peringatan.

Hal tersebut dilakukan untuk lebih mengutamakan kesehatan dan keselamatan masyarakat karena pandemi Covid-19 yang masih melanda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Paskibraka yang Bertugas

Tim Indonesia Tangguh ditugaskan sebagai pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) di Istana. Ardelia Muthia Zahwa yang merupakan perwakilan dari Provinsi Sumatera Utara terpilih sebagai pembawa bendera Merah Putih.

Ardelia lahir di Tebing Tinggi pada Desember 2004. Saat ini, dia tengah menempuh pendidikan di SMA Harapan I Medan.

Tiga lainnya dari Kelompok 8 yang bertugas untuk mengibarkan bendera ialah Aditya Yogi Susanto sebagai Komandan Kelompok 8 yang mewakili Provinsi Gorontalo. Kemudian, Dika Ambiya Rahman sebagai pembentang bendera yang mewakili Provinsi Jawa Barat, dan Ridho Hadfizar Armadhani sebagai pengerek bendera yang mewakili Provinsi Lampung.

Sementara itu, Kolonel Pnb. Putu Sucahyadi didapuk menjadi Komandan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Pria kelahiran Denpasar, 9 Oktober 1977 ini merupakan lulusan Akademi Angkatan Udara tahun 1999. Saat ini ia menjabat sebagai Asops Kosekhanudnas II Makassar.

Bertindak sebagai Komandan Kompi Paskibraka adalah Kapten Inf. Suryadi Nataatmaja. Pria lulusan Akademi Militer tahun 2012 tersebut saat ini bertugas sebagai Danki Pandu Udara Denpandutaikam Brigif Para Raider 18/2 Kostrad.

Brigadir Jenderal TNI Novi Helmy Prasetya ditugaskan sebagai Perwira Upacara. Lahir di Bangkalan, 10 November 1971, saat ini dia menjabat sebagai Kepala Staf Garnisun Tetap I/Jakarta. Novi merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1993.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.