Sukses

Melihat Keunikan Baju Adat Ketua DPR hingga Jokowi Saat Sidang Tahunan MPR

Pada Sidang Tahunan MPR/DPR/DPD 2021 ini, Presiden Joko Widodo atau Jokowi memilih untuk memakai pakaian suku adat Baduy.

Liputan6.com, Jakarta - Sidang tahunan MPR/DPR/DPD pada hari ini Senin (16/8/2021) berlangsung lancar. Seperti biasa saat sidang tahunan berlangsung, banyak yang mengenakan pakaian atau baju adat daerah.

Pada Sidang Tahunan MPR/DPR/DPD 2021 ini, Presiden Joko Widodo atau Jokowi memilih untuk memakai pakaian suku adat Baduy.

Terlihat, Jokowi nampak mengenakan pakaian adat suku Baduy dari Lebak, Banten tersebut yang bernuansa hitam.

Selain itu, Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin memilih mengenakan baju adat Suku Mandar asal Sulawesi Barat.

Pakaian adat pria Suku Mandar yang dikenakan Wapres Ma'ruf Amin kali ini memang tampak sederhana.

Sebab, hal ini dilandasi alasan filosofis bahwa pria Mandar harus gesit dan cekatan dalam bekerja.

Berikut sejumlah pakaian adat yang terlihat digunakan para tokoh saat menghadiri Sidang Tahunan MPR/DPR/DPD 2021 dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ketua DPR RI

Ketua DPR RI Puan Maharani menghadiri Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR-DPD di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jakarta, hari ini, Senin (16/8/2021).

Puan Maharani nampak mengenakan baju adat payas agung dari Bali. Baju atasan yang dikenakan berwarna putih, sementara kain yang digunakan benuansa emas.

Dalam acara kenegaraan tahunan ini, Puan bersama pimpinan lembaga negara yang lain akan mendengarkan laporan kinerja pemerintah lewat Pidato Kenegaraan Presiden.

"Mudah-mudahan sidang tahunan kali ini makin menyolidkan langkah semua lembaga negara untuk mengatasi pandemi Covid-19 ini," kata Puan, Senin (16/8/2021).

Puan mengatakan, peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI semakin bermakna di tengah perjuangan bangsa ini melawan pandemi Covid-19. Dia mengajak seluruh elemen bangsa untuk terus menjaga persatuan dan bergotong royong saling membantu sesama yang terdampak Covid-19.

"Dengan semangat persatuan dan gotong royong seluruh masyarakat, kita optimistis bisa mengatasi pandemi ini. Bersatu kita tangguh, bersama kita terus tumbuh," kata Puan.

 

3 dari 4 halaman

Wakil Presiden RI

Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menghadiri Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR dan DPD Tahun 2021 di Ruang Rapat Paripurna, Gedung Nusantara, Senin (16/08/2021).

Wapres Ma'ruf tampak hadir dengan mengenakan baju adat Suku Mandar asal Sulawesi Barat.

Pakaian adat pria Suku Mandar yang dikenakan Wapres Ma'ruf Amin kali ini memang tampak sederhana.

Sebab, hal ini dilandasi alasan filosofis bahwa pria Mandar harus gesit dan cekatan dalam bekerja.

Perpaduan jas dan celana hitam dengan kain sarung tenun warna merah bercorak khas Mandar yang digunakan sebagai ikat pinggang, serta penutup kepala yang disebut songkok tabone, menjadikan pakaian adat Suku Mandar ini terlihat elegan dan menawan.

 

4 dari 4 halaman

Presiden RI

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menghadiri Sidang Tahunan MPR RI, DPR RI-DPD RI 2021.

Jokowi nampak mengenakan pakaian adat suku Baduy dari Lebak, Banten yang bernuansa hitam.

Pantauan Liputan6.com di lokasi, Jokowi tampak mengenakan penutup kepala bewarna biru dan tas kajo khas Baduy.

Selain itu, Jokowi juga nampak tidak mengenakan sepatu melainkan sandal.

 

(Cindy Violeta Layan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.