Sukses

Jokowi Minta Bantuan MUI untuk Beri Penjelasan soal Vaksin Covid-19 ke Warga

Jokowi menyampaikan, pemerintah memperkirakan bahwa pandemi Covid-19 di Indonesia akan berlangsung lebih lama dari prediksi awal.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta bantuan Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk mensosialisasikan program vaksinasi Covid-19, serta mengajak masyarakat mematuhi protokol kesehatan. Dia ingin MUI memberikan penjelasan kepada masyarakat bahwa vaksin yang disuntikkan halal dan aman.

"Saya berharap dukungan dan bantuan MUI mulai dari tingkat pusat sampai ke daerah untuk mengajak umat mematuhi protokol kesehatan baik di dalam rumah maupun di luar rumah, memberikan penjelasan dan pemahaman yang benar tentang vaksin," kata Jokowi saat menghadiri Milad ke-46 MUI secara virtual, Senin (26/7/2021).

"Bahwa vaksin yang digunakan oleh pemerintah adalah vaksin yang aman dan halal untuk melindungi diri kita, melindungi kerabat dan sesama," sambung dia.

Jokowi menyampaikan, pemerintah memperkirakan bahwa pandemi Covid-19 di Indonesia akan berlangsung lebih lama dari prediksi awal. Hal ini lantaran munculnya varian-varian baru virus corona.

Kendati begitu, Jokowi meyakini Indonesia akan mampu melewati ujian tersebut dengan doa para ulama dan ikhtiar yang sungguh-sungguh dari semua pihak. Kuncinya, kata dia, dengan disiplin protokol kesehatan dan mengikuti program vaksinasi Covid-19.

"Pertama, kita harus selalu patuh dan disiplin menjalankan protokol kesehatan dan yang kedua ada kecepatan vaksinasi untuk terwujudnya kekebalan komunal," ujar Jokowi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perlu Dukungan Semua Pihak

Menurut dia, pemerintah telah bekerja keras serta mengerahkan seluruh aparat dan sumber daya untuk mengatasi pandemi Covid-19. Namun, Jokowi menekankan upaya pemerintah ini harus dibarengi dengan dukungan dari semua pihak.

"Upaya pemerintah saja tidak cukup, bahkan jauh dari cukup. Dukungan, kesadaran, dan partisipasi dari seluruh elemen masyarakat berperan penting untuk mengatasi pandemi," tutur Jokowi

Pemerintah, kata dia, turut mengapresiasi upaya MUI yang telah membantu mengendalikan pandemi Covid-19 di Indonesia dengan memberikan tausiah dan imbauan. Jokowi menyebut hal ini mencerminkan komitmen MUI menjaga keselamatan jiwa dan kemaslahatan bersama.

"Pemerintah juga sangat mengapresiasi setinggi-tingginya atas tausiah MUI yang mengimbau agar umat Islam menjadi pelopor dalam mengatasi pandemi covid-19," ucap Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.