Sukses

2 Klaster Baru Penyebaran Covid-19 di Kota Tangerang, 77 Warga Positif Corona

Liputan6.com, Jakarta - Dua klaster baru penyebaran Covid-19 ditemukan di Kota Tangerang karena mudik Lebaran 2021. Alhasil perumahan yang puluhan warganya terpapar Covid-19, langsung di-lockdown skala mikro oleh Satgas Penanganan Covid-19 di wilayah tersebut.

Lokasi pertama, terdapat 30 warga di RT 3 RW 11, Kelurahan Gerendeng, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang, yang positif Covid-19.

"Total yang terkonfirmasi positif ada 30 orang terdiri dari dua RT. Yang paling banyak terdapat di RT 3," kata Lurah Gerendeng, Nasron A Mufti saat ditemui di lokasi, Selasa (8/6/2021).

Nasron menjelaskan, awal munculnya klaster ini adalah ada beberapa warga yang melaksanakan mudik usai larangan mudik Lebaran 2021. Ketika kembali lagi ke rumahnya mereka terserang batuk dan pilek.

"Ada beberapa aspek, kumpul keluarga pulang lebaran saat penyekatan di wilayah tidak keluar, setelah usai larangan mudik mereka mudik, pas datang mereka sakit biasa lalu pas sakitnya berasa, mereka lapor ke RW," kata Nasron.

Saat ini, 16 orang melakukan isolasi mandiri di rumahnya masing-masing karena masih menunggu hasil. Sisanya, 14 orang melakukan isolasi di rumah isolasi terkonsentrasi.

Nasron menambahkan, pihaknya sudah melakukan berbagai upaya di wilayah tersebut. Seperti, penutupan wilayah atau lockdown, pemberlakuan jam malam, serta memberikan bantuan kepada warga terpapar Covid-19 yang sedang melakukan isolasi mandiri di rumah.

"Saat ini aktivitas dibataskan termasuk jam malam. Yang masuk kerja di luar, diperbolehkan tapi ditentukan protokol kesehatan yang ketat, dan sama yang masuk ke kampung ini," jelasnya.

2 dari 3 halaman

Di Kelurahan Gandasari

Lokasi klaster kedua penyebaran Covid-19 terdapat di Kelurahan Gandasari, Jatiuwung, Kota Tangerang. Ada 47 warga yang tersebar di RT 01 dan 02, RW 03, positif Covid-19.

Dari pantauan di RT 01 RW 03, akses keluar masuk sudah tertutup rapat. Jangankan kendaraan, orang yang mau melintas berjalan kaki saja tidak bisa dan tidak diperkenankan masuk ke RW 03 kelurahan Gandasari, Kecamatan Jatiuwung, Kota Tangerang.

Pintu gerbang pun dijaga ketat oleh Satgas Covid-19 yang terdiri dari kepolisian, Satpol PP, dan Dinas Kesehatan Kota Tangerang.

Sekira 60 menit di lokasi, ada puluhan warga yang mencoba untuk masuk lagi ke kompleksnya namun dihalang petugas.

Sebab, untuk masuk kembali harus menyertakan surat bebas Covid-19 minimal dari swab Antigen.

"Kalau keluar boleh, silakan saja, tapi kami sudah ingatkan kalau mau masuk lagi harus bawa surat bebas Covid-19 minimal Antigen. Kalau enggak bawa ya kami larang walau warga sini," jelas seorang petugas dari Satpol PP Kota Tangerang di lokasi.

Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Pol Deonijiu De Fatima mengatakan, para pasien Covid-19 tersebut merupakan buruh pabrik.

"Karyawan pabrik, kami sampaikan pabrik juga punya kewajiban untuk lakukan tracing karyawannya," kata dia.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: