Sukses

4 Pernyataan Ketua Satgas saat Tinjau Kudus yang Berstatus Zona Merah Covid-19

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini Kabupaten Kudus, Jawa Tengah berstatus zona merah Covid-19. Tak tinggal diam, Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Ganip Warsito pun terjun ke lokasi untuk mengecek.

"Untuk melihat secara langsung apakah apa yang disampaikan dalam berita itu sesuai dengan nyatanya atau tidak," ujar Ganip, Selasa, 2 Juni 2021.

Dan saat meninjau Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lukmonohadi, dirinya menemukan proses isolasi pasien Covid-19 di rumah sakit tersebut belum sesuai standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

"Terkait manajemen contohnya seperti tadi yang di IGD, seharusnya tidak boleh lagi ada orang dari luar masuk. Itu penularan bisa terjadi walaupun yang dirawat di IGD ini belum dinyatakan positif tapi sudah reaktif Covid-19," ucap Ganip di Kudus, Kamis, 3 Juni 2021.

Selain itu, ia juga blusukan ke Pasar Bitingan, Kota Kudus. Di sana, Ganip ingin mengecek penerapan 3M (memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, jaga jarak).

Berikut 4 pernyataan Ketua Satgas Covid-19 Ganip Warsito saat terjun langsung ke Kudus, Jawa Tengah yang berstatus zona merah dihimpun Liputan6.com:

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 7 halaman

Temukan Isolasi Pasien Covid-19 di RS Kudus Belum Sesuai Standar WHO

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Ganip Warsito meninjau Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lukmonohadi, Kudus, Jawa Tengah.

Ganip menemukan proses isolasi pasien Covid-19 di rumah sakit tersebut belum sesuai standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

"Terkait manajemen contohnya seperti tadi yang di IGD, seharusnya tidak boleh lagi ada orang dari luar masuk. Itu penularan bisa terjadi walaupun yang dirawat di IGD ini belum dinyatakan positif tapi sudah reaktif Covid-19," ucap Ganip di Kudus, Kamis,3 Juni 2021.

"Yang sudah dikarantina ya betul-betul dikarantina, jangan ada orang yang bebas keluar masuk. Ini yang saya ingatkan," imbuh dia.

 

3 dari 7 halaman

Minta Perhatikan Penerapan Prokes Ketat di RS

Ganip meminta RSUD Lukmonohadi memperbaiki proses isolasi pasien Covid-19. Dia mengingatkan, pasien Covid-19 di rumah sakit tidak boleh berbaur dengan orang lain, termasuk keluarga pasien.

Selain protokol isolasi, eks Kepala Staf Umum TNI ini juga meminta RSUD Lukmonohadi menerapkan protokol kesehatan secara ketat, yakni menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

Protokol kesehatan (prokes), kata dia, merupakan kunci untuk mengendalikan dan menghentikan kasus Covid-19.

"Protokol kesehatan tentang karantina, isolasi, penggunaan masker, jaga jarak kemudian mencuci tangan ini yang harus ditegakkan," terang Ganip.

 

4 dari 7 halaman

Blusukan ke Pasar Bitingan Kudus

Ganip kemudian juga blusukan ke Pasar Bitingan, Kota Kudus. Ia ingin mengecek penerapan 3M (memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, jaga jarak) yang dilakukan di salah satu pusat jual beli di Kota Kretek tersebut.

Tatkala blusukan, Ganip meluangkan waktu untuk menyapa para pedagang dan pembeli sekaligus memberikan sosialisasi dan edukasi mengenai pentingnya 3M sebagai tonggak utama memutus mata rantai penularan Covid-19.

"Dipakai maskernya nggih, Bu," ucap Ganip sambil menyapa beberapa pedagang yang mayoritas kaum perempuan di Pasar Bitingan.

Selanjutnya, Ganip sempat membagikan masker kepada warga yang beraktivitas di lingkungan pasar. Usai berkeliling, ia mengaku puas.

 

5 dari 7 halaman

Beri Apresiasi pada Pedagang di Pasar

Ganip juga memberikan apresiasi positif atas pengelolaan kegiatan ekonomi di Pasar Bitingan yang telah mematuhi protokol kesehatan sesuai aturan pemerintah dengan baik.

Melihat penerapan 3M di Pasar Bitingan, dirinya optimis, apabila hal itu dapat dilakukan secara konsisten, maka kasus Covid-19 dapat dikendalikan dan pemulihan ekonomi dapat segera dilakukan.

"Saya apresiasi karena pedagang-pedagang sudah mau menggunakan masker," tegas Ganip dalam keterangan tertulis.

Didampingi Bupati Kudus HM Hartopo, Ganip Warsito yang juga menjabat sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) berkeliling di lantai dasar Pasar Bitingan selama kurang lebih 15 menit.

6 dari 7 halaman

Awas Lonjakan Covid-19 Libur Lebaran

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: