Sukses

Bendera Palestina Hiasi Sejumlah Titik Jakarta, Anies: Bentuk Solidaritas Warga

Lampu hias berwarna bendera Palestina menyala di sejumlah fasilitas publik di DKI Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Lampu-lampu hias berwarna bendera Palestina menyala di sejumlah titik Jakarta, antara lain Terowongan Kendal, Simpang Semanggi, Bundaran Hotel Indonesia (HI), Monumen Nasional (Monas), dan beberapa jembatan penyeberangan orang (JPO), sejak Sabtu, 15 Mei 2021. 

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menjelaskan bahwa hal itu merupakan simbol solidaritas dan dukungan warga Jakarta terhadap rakyat Palestina.

"Ini merupakan bentuk dukungan dari warga Jakarta, solidaritas kemanusiaan untuk saudara-saudara kita rakyat Palestina di Jalur Gaza," kata Anies melalui akun Instagram pribadinya, Sabtu (22/5/2021).

Anies menerangkan bahwa masyarakat Indonesia, khususnya Jakarta bersimpati terhadap penderitaan rakyat Palestina.

Bangsa Indonesia yang pernah mengalami penjajahan, kata Anies, turut merasakan jika perjuangan untuk meraih kemerdekaan bukanlah hal yang gampang. 

"Kita bersimpati dengan masyarakat saudara kita di Palestina," ujar Anies.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kutip Pesan Bung Karno

Pendiri Gerakan Indonesia Mengajar itu mengutip pesan Presiden Soekarno pada 1962 bahwa, “Selama kemerdekaan belum diserahkan kepada Bangsa Palestina, maka perjuangan Indonesia untuk menentang penjajahan di Tanah Palestina harus terus dilakukan."

Untuk itu, mantan Menteri Pendidikan itu mengajak masyarakat agar mendoakan rakyat Palestina supaya diberikan kekuatan. 

"Ini adalah pesan untuk semua mari kita doakan saudara-saudara kita di Palestina, agar diberikan kekuatan, ketabahan dalam melewati masa yang tidak mudah ini," ucap Anies Baswedan.

3 dari 3 halaman

Infografis Rentetan Konflik Terbaru Israel - Palestina

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.