Sukses

Emil Dardak Ganti Pengurus DPC Demokrat di Jatim yang Ikut KLB

Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak membenarkan pihaknya menemukan sejumlah pengurus DPC Demokrat di Jatim ikut Kongres Luar Biasa (KLB) di Deli Serdang

Liputan6.com, Jakarta Pelaksana tugas (Plt) Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak membenarkan pihaknya menemukan sejumlah pengurus DPC Demokrat di Jatim ikut Kongres Luar Biasa (KLB) di Deli Serdang, Sumatera Utara.

"Ada unsur DPC, istilahnya sempat terpapar ikut di KLB di Deli Serdang. Beberapa orang, bisa dihitung pakai jari, satu tangan," kata Emil, Rabu 10 Maret 2021.

Dia menuturkan, pihak-pihak yang mendukung KLB Demokrat yang dipandangnya tidak sah, jelas melanggar etika organisasi.

"Siapapun yang mendukung (KLB Deli Serdang), yang didukung itu konsep melanggar etika organisasi, itu sebabnya mereka direplace (diganti)," ungkap Emil.

Dia menuturkan, sesuai pengakuan anggotanya yang terlibat, mereka menyadari jika KLB Demokrat itu tak seperti yang diharapkan.

"Mereka yang ke sana, menyaksikan bagaimana situasi di sana sangat tidak sesuai harapan. Dan merasa prosesnya kayak bukan sebuah kongres formil resmi dan serius," kata Wakil Gubernur Jawa Timur ini.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jatim Mendukung AHY

Emil menyebut, para kader yang sempat terpapar itu mau memberikan testimoni dan mendukung kembali demokrat yang sah.

"Mereka berkenan untuk memberi testimoni dan mendukung upaya kepengurusan Demokrat yang sah, bergabung bersama kami untuk mempertahankan," kata dia.

Meski demikian, Emil mengklaim bahwa Demokrat di seluruh Jatim masih solid dan setia kepada kepemimpinan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Informasi yang dihimpun menyebutkan, beberapa pengurus yang terpapar KLB Deli Serdang diduga berasal dari DPC Demokrat Ngawi dan DPC Demokrat Sumenep. Mereka terdiri dari unsur pimpinan di DPC Demokrat Ngawi dan Sumenep. Posisi mereka pun sudah diganti dengan pelaksana tugas. Mereka kini dalam pengawasan dan evaluasi DPD Demokrat Jatim.

 

 

 

Reporter: Erwin Yohanes

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.