Sukses

Turunkan Kasus Covid-19, Kapolda Metro Resmikan Kampung Tangguh di Jaktim

Liputan6.com, Jakarta - Kapolda Metro Jaya Irjen Polisi Fadil Imran meresmikan Kampung Tangguh Jaya 'Cakra' di wilayah RW 01, Pondok Bambu, Jakarta Timur. Dia berharap, Kampung Tangguh Jaya 'Cakra' bisa menekan dan memutus rantai penyebaran Covid-19.

"Kampung Tangguh Jaya merupakan proyek kolaborasi warga di tingkat RW sehingga dapat memaksimalkan 3 T (tracing, testing, treatment) berbasis komunitas," ujar Fadil, Sabtu (20/2/2021).

Alasan RW 01 Pondok Bambu menjadi lokasi proyek percontohan Kampung Tangguh Jaya 'Cakra' karena wilayah ini memiliki angka tertinggi kasus Covid-19 di Jakarta Timur.

Fadil berharap, dengan adanya Kampung Tangguh ini bisa menurunkan penambahan kasus Covid-19 dan sekaligus membangkitkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Dia pun menyarankan tiap lingkungan di RW 01 Pondok Bambu berkomunikasi untuk saling mengingatkan warga taat protokol kesehatan. Dia juga meminta masyarakat bekerja sama dengan TNI-Polri dalam memutus rantai penularan Covid-19 di DKI Jakarta.

"Sehingga ketika ada warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 atau terdampak sosial ekonomi, maka warga bersama-sama melakukan langkah-langkah di bawah dukungan pemerintah dan TNI-Polri," ujar Fadil. 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 3 halaman

Kampung Tangguh Jaya Cakra Akan Diawasi

Sementara itu, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menambahkan, pihaknya akan turut mengawasi Kampung Tangguh Jaya 'Cakra' di tiga titik zona merah penyebaran Covid-19 di Jakarta Timur.

"Kampung Tangguh Jaya 'Cakra' ini ada tiga titik berdasarkan arahan dan kebijakan Kapolda Metro Jaya. Bahwa masing-masing Direktorat di Polda terlibat dalam pembangunan kampung tangguh, jadi tidak hanya polres saja," kata Sambodo.

"Kita ambil di tiga titik yang paling merah di Jaktim, yang pertama di RW 02 dan RW 04, Kecamatan Makasar dan RW 01 Pondok Bambu yang saat ini diresmikan oleh Kapolda Metro," ujarnya. 

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: