Sukses

Anies: Pengoperasian Flyover Tapal Kuda Tunggu Pembangunan JPO

Pemprov DKI Jakarta saat ini tengah melakukan uji coba flyover Tapal Kuda, Jakarta Selatan, selama tiga hari terhitung sejak 31 Januari hingga 2 Februari 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan, saat ini pihaknya masih menunggu penyelesaian pembangunan jembatan penyeberangan orang (JPO) di kawasan jalan layang atau flyover Tapal Kuda, Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

Kata Anies Baswedan, JPO tersebut untuk membantu warga yang tinggal di kanan kiri perlintasan kereta.

"Ini sekarang JPO sedang dalam konstruksi, mudah-mudahan bulan Maret JPO-nya udah selesai, kalau yang di Pasar Minggu sudah hampir finalisasi," kata Anies, Minggu (31/1/2021).

Dia menuturkan, untuk rambu, marka, dan fasilitas yang ada di flyover Tapal Kuda saat ini masih terus ditingkatkan saat pelaksanaan uji coba.

"Jadi sebagian yang basic-basic sudah ada, tapi selama dua hari ini akan dilakukan penambahan dan pemantauan," katanya.

Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho mengatakan, pembangunan jalan layang atau flyover Tapal Kuda, Lenteng Agung, dan Tanjung Barat saat ini sudah mencapai 98 persen.

Kata dia, peresmian akan dilakukan bila pembangunan jembatan penyeberangan orang (JPO) sudah selesai.

"Pembangunan JPO diperkirakan Maret, jadi peresmian akan dilakukan Maret," kata Hari saat dihubungi Liputan6.com, Minggu (31/1/2021).

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Uji Coba 3 Hari

Sementara itu, saat ini flyover Tapal Kuda mulai dilakukan uji coba selama tiga hari, yakni mulai 31 Januari sampai 2 Februari 2021.

Hari menyebutkan, waktu uji coba untuk umum flyover Lenteng Agung-IISIP dan Tanjung Barat ini dijadwalkan Minggu, 31 Januari 2021 pada jam 08.00 - 21.00 WIB.

Uji coba hari berikutnya Senin, 1 Februari pada pukul 06.00 sampai dengan 21.00 WIB. Lalu, Selasa, 2 Februari 2021 pada pukul 06.00 - 21.00 WIB.

"Setelah dari uji coba ini, akan diadakan evaluasi atas kekurangsempurnaan pekerjaan yang ada di lapangan," kata Hari.

Flyover Lenteng Agung memiliki panjang 430 meter di sisi barat dan 450 meter di sisi timur dengan lebar 6,5 meter. Sedangkan flyover Tanjung Barat sisi barat mencapai 540 meter dan sisi timur 590 meter.

Kedua flyover ini dirancang menarik dengan mengambil bentuk seperti tapal kuda yang saling membelakangi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.