Sukses

Sandiaga Lakukan Inovasi, Adaptasi dan Kolaborasi Bangkitkan Sektor Parekraf

Menparekraf Sandiaga Uno telah mencanangkan berbagai program untuk bangkitkan sektor pariwisata di Tanah Air yang tengah terpuruk akibat pandemi Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno telah mencanangkan berbagai program untuk bangkitkan sektor pariwisata di Tanah Air yang tengah terpuruk akibat pandemi Covid-19 dengan penerapan tiga hal. Yaitu inovasi, adaptasi dan kolaborasi.

Dalam berbagai kesempatan, Sandi menjelaskan, strategi inovasi dilakukan dengan pendekatan big data untuk memetakan potensi dan menguatkan berbagai aspek pada sektor patiwisata dan ekonomi kreatif.

"Inovasi juga akan menjadi dasar bagi pengembangan destinasi super prioritas dalam satu tahun yang meliputi kuliner, busana, tarian, hingga infrastruktur," kata Sandiaga dalam keterangannya, Selasa (29/12/2020).

Selain berinovasi, di masa pandemi Covid-19, Menparekraf juga mendorong seluruh pelaku pariwisata melakukan adaptasi dengan memenuhi syarat protokol Cleanliness, Healthy, Safety and Environmental Sustainability (CHSE) atau memenuhi dari segi Kebersinan, Kesehatan, Keselamatan dan Keberlanjutan Lingkungan (K4).

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berkolaborasi dengan Segera

Hasil adaptasi ini tampak seperti saat Sandi melakukan kunjungan kerja pertamanya ke Bali. Dalam kunjungan itu Sandi memastikan penerapan CHSE telah terpenuhi, salah satunya dengan tersedianya fasilitas tambahan berupa toilet bersih dan kering berstandar internasional.

"Saya juga meminta bantuan kepada kepala daerah dan ketua adat di Pulau Dewata untuk menerapkan protokol kesehatan dengan ketat, serta disiplin. Sehingga kita bisa membantu pemulihan pariwisata dan ekonomi kreatif di Bali," kata Sandi.

Mempercepat pemulihan sektor parekraf ini, Sandi pun berkolaborasi dengan berbagai pihak termasuk menteri, pemangku kepentingan baik di pusat maupun daerah untuk menciptakan lapangan kerja seluas-luasnya.

"Kita harus berkolaborasi segera, kebijakan ini harus kita pastikan eksekusi yang tepat waktu, tepat sasaran dan tepat manfaat, dan tentunya lebih dari 40 juta lapangan kerja yang perlu kita selamatkan di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," kata Sandiaga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.