Sukses

Termasuk Petamburan, Wagub DKI Minta Warga Pro Aktif Lakukan Tes Covid-19

Wagub DKI mengatakan tes tersebut dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran dan penanggulangan Covid-19 di Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengimbau masyarakat untuk pro aktif mengikuti tes terkait Covid-19 akibat infeksi virus Corona. 

Dia mengatakan tes tersebut dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran dan penanggulangan Covid-19 di Jakarta.

"Bagi seluruh masyarakat di Jakarta termasuk di Petamburan, di mana saja, kami minta kerja samanya untuk bisa membantu masing-masing pribadi kita. Keluarga kita, lingkungan kita, masyarakat Jakarta, bahkan seluruh Indonesia untuk membantu secara pro aktif dengan penuh kesadaran dengan melakukan tes," kata Riza di Balai Kota Jakarta, Selasa (24/11/2020).

Selain itu, dia meminta agar masyarakat yang memiliki gejala Covid-19 ataupun sedang sakit segera melakukan pemeriksaan ke puskesmas terdekat. Dia menyebut sejumlah petugas telah disiapkan untuk menangani masyarakat yang melakukan pemeriksaan.

"Jangan menunggu satu dua hari, tapi segera ambil langkah konkret dengan mendatangi puskesmas yang ada di lingkungan terdekat atau melaporkan kepada kami," ucap Riza.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gratis

Sebelumnya, Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo meminta semua masyarakat yang berkerumun di Petamburan, Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tebet Timur, hingga Megamendung melakukan tes swab (usap). Adapun kerumunan tersebut terjadi saat acara yang dihadiri Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab.

"Kami mengajak kepada seluruh masyarakat yang ikut yang ikut dalam aktivitas tersebut agar secara sukarela bersedia untuk melakukan swab antigen yang telah disiapkan oleh pemerintah dan Dinas Kesehatan DKI Jakarta di sejumlah puskesmas," ujar Doni dalam konferensi pers usai rapat bersama Presiden Jokowi, Senin (23/11/2020).

Menurut dia, masyarakat dapat mendapat layanan tes swab Covid-19 secara gratis. Doni menekankan pentingnya segera melakukan tes swab untuk mendeteksi apakah masyarakat yang ikut berkerumun terpapar Covid-19 atau tidak.

"Apabila sudah positif terpapar Covid melalui pemeriksaan swab PCR, maka harus dilakukan langkah-langkah sedini mungkin baik melakukan isolasi mandiri secara personal yang disetujui atau diberikan rekomendasi oleh petugas Puskesmas atau isolai yang disiapkan pemerintah," jelas Doni.

Doni mengatakan, pemeriksaan tes swab Covid-19 sedini mungkin dapat meningkatkan angka kesembuhan pasien. Pasalnya, pasien dengan gejala ringan memiliki tingkat kesembuhan 100 persen dan kematian nol persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.