Sukses

Lebih dari 90 Persen Pasien Covid-19 Meninggal Disertai Komorbid

Menurut Candra, komorbid membuat daya tahan tubuh pasien Covid-19 menurun sehingga gejala klinis yang dialaminya menjadi lebih berat.

Liputan6.com, Jakarta Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Candra Wiguna, mengungkapkan lebih dari 90 persen pasien Covid-19 yang memiliki gejala berat bahkan berujung kematian memiliki penyakit penyerta atau komorbid. Kondisi penyerta yang dimaksud seperti hipertensi, diabetes, jantung, paru-paru hingga ginjal.

"Sudah diketahui bahwa pasien-pasien yang menderita Covid-19 sampai kematian itu ternyata lebih dari 90 persen memiliki penyakit penyerta yang sudah ada sebelumnya," katanya dalam talk show Cegah Covid-19 Pada Orang dengan Komorbid, Kamis (5/11/2020).

Menurut Candra, komorbid membuat daya tahan tubuh pasien Covid-19 menurun sehingga gejala klinis yang dialaminya menjadi lebih berat. Gejala klinis berat yang terjadi pada pasien Covid-19 dengan komorbid umumnya sesak napas.

"Sesak napas yang berakibat pada kegagalan napas. Di mana dia butuh oksigen bahkan sampai butuh bantuan alat ventilator sampai meninggal itu lebih banyak didapatkan pada pasien komorbid," jelasnya. 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jika Pasien Tanpa Kamorbid

Sementara pada pasien Covid-19 tanpa komorbid, gejala klinis yang muncul biasanya hanya demam, sakit sendi dan batuk ringan. Bahkan pada kasus tertentu, pasien Covid-19 tanpa komorbid tidak merasakan ada gejala.

Tak hanya komorbid, pasien Covid-19 dengan gejala berat bahkan bisa meninggal dunia karena faktor usia. Misalnya di atas 60 tahun.

"Tentu dengan usia yang sudah lanjut daya tahan tubuh dia akan cenderung lebih rendah daripada yang usia lebih muda," katanya.

Data Satuan Tugas Penanganan Covid-19, 49,8 persen pasien positif Covid-19 di Indonesia memiliki komorbid hipertensi. Sementara itu, ada 35,1 persen pasien Covid-19 yang memiliki penyakit diabetes, 19,3 persen memiliki penyakit jantung, 9,3 persen mempunyai penyakit jantung dan 6 persen penyakit ginjal.

Sedangkan pasien Covid-19 yang meninggal dunia dalam kelompok umur di atas 60 tahun sebesar 43.4 persen.

Reporter: Titin Supriatin

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19