Sukses

Anies Baswedan: Keterisian Tempat Tidur Isolasi Pasien Covid-19 Capai 50 Persen

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan saat ini ketersediaan tempat tidur isolasi dan ICU di 98 rumah sakit (RS) rujukan Covid-19 terus mengalami perubahan.

Liputan6.com, Jakarta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan saat ini ketersediaan tempat tidur isolasi dan ICU di 98 rumah sakit (RS) rujukan Covid-19 terus mengalami perubahan.

"Sejauh ini ICU itu 58 persen, kemudian untuk rawat inap sekitar 50an persen," kata Anies di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (5/11/2020).

Selain itu, dia menyatakan untuk tempat tidur isolasi di hotel milik pemerintah terisi sebanyak 21 persen. Jadi sekitar 79 persen masih dapat menampung pasien Covid-19.

"Jadi secara kesiapan ketersediaan ada, tapi kan ini bukan seperti hotel makin tinggi okupansi makin senang. Kalau RS kita maunya lebih rendah," jelasnya.

Sementara itu, Pemprov DKI Jakarta membuka rekrutmen relawan untuk penanggulangan virus corona atau Covid-19 di Ibu kota. Relawan tersebut nantinya ditugaskan sebagai pelacak kontak (contact tracer) dan petugas data (data manager).

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pendaftaran Relawan

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Dwi Oktavia menyatakan relawan yang dibutuhkan yakni sebanyak 1.545 orang.

"Mereka akan menjalankan tugas sampai akhir Desember 2020," kata Dwi aat dihubungi Liputan6.com, Selasa (3/11/2020).

Untuk pendaftaran relawan tersebut dapat dilakukan dengan mengisi formulir, mengunggah ijazah terakhir, dan surat keterangan sehat paling lambat 4 November pukul 23.59 WIB.

Pendaftaran relawan Pelacak Kontak dapat diakses melalui tautan http://bit.ly/PendaftaranTenagaTracerCovid19DKI.Sedangkan untuk relawan Petugas Data melalui http://bit.ly/PendaftaranDataManajerCovid19DKI.

Sedangkan untuk hasil seleksi akan diumumkan melalui kanal resmi Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta pada 6 November 2020.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Anies Baswedan menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia
    Anies Baswedan pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia

    Anies Baswedan