Sukses

Anies Temui Rizieq Shihab di Petamburan Disebut Hal Biasa

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menemui Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab pada Selasa malam (10/11/2020) di rumahnya, di Jalan Petam

Liputan6.com, Jakarta - Tokoh muda Betawi Mohamad Rifky atau Eky Pitung menilai langkah Gubenur DKI Jakarta Anies Baswedan menemui Habib Rizieq Shihab yang baru pulang ke Indonesia pada Selasa malam (10/11/2020), sebagai hal yang biasa saja dan tidak perlu dipersoalkan.

"Itu seperti menjumpai ulama yang baru pulang haji. Hal yang biasa saja," ujarnya, Jakarta, Kamis (12/11/2020). 

Eky menyatakan, apa yang dilakukan Anies adalah bentuk menjaga tradisi dimana Habib Rizieq Shihab adalah ulama Betawi dan Anies adalah gubernur Jakarta, tempat warga Betawi berada. Sebagai Gubernur Anies tentunya ingin membangun komunikasi dengan siapa saja.

"Jadi apa salahnya? Pertemuan mereka juga dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan," jelasnya.

Eky yang juga Wakil Ketua Bamus Betawi ini menyesalkan jika ada pihak-pihak yang mempolitisir pertemuan dua tokoh tersebut. Menurutnya, Habib Rizieq bukannya musuh negara, dimana orang lain tidak boleh menemuinya. Dia adalah warga negara dimana hak individu seseorang dihargai dihormati.

"Habib (Rizieq Shihab) hanya musuh bagi Orang-orang tamak dan tidak adil serta orang yang takut Kekuasaannya terganggu," tegasnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pertemuan Sahabat

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menemui Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab pada Selasa malam (10/11/2020) di rumahnya, di Jalan Petamburan III Jakarta.

Pertemuan Anies dan Habib Rizieq diketahui dari foto yang diunggah oleh Sekretaris Jendral Majelis Ulama Indonesia (MUI) Tengku Zulkarnain.

Dia mengunggah foto pertemuan tersebut di akun instagramnya pada Selasa malam sekitar pukul 23.00 WIB.

"Pertemuan empat sahabat, tiada yang lebih menggembirakan daripada bertemu dengan sahabat," dikutip dari instagram @tengkuzulkarnain.id.

Dalam foto tersebut, Anies duduk di sebelah kanan Rizieq. Sementara itu, di sebelah kiri Rizieq, ada Tengku Zulkarnain dan di foto paling kanan adalah menantu Rizieq, Hanif Al-Athos.

Anies terlihat mengenakan setelan jas dan celana hitam serta peci. Sementara yang lainnya mengenakan setelan serba putih san semuanya mengenakan masker.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.