Sukses

Top 3 News: Waspada, La Nina Diperkirakan Sapa Indonesia Desember

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 news hari ini, dampak La Nina akan terjadi peningkatan curah hujan di hampir seluruh wilayah Indonesia. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan La Nina akan menyapa pada Desember hingga Februari 2021.

Hal ini patut diwaspadai lantaran peningkatan akumulasi curah hujan akibat La Nina berpotensi memicu potensi banjir dan longsor bagi daerah yang tidak mempunyai resapan air yang bagus. Contoh Jakarta. 

Sementara di daerah, peningkatan curah hujan akibat La Nina diperkirakan dapat terjadi di Kalimantan bagian timur, Sulawesi, Maluku-Maluku Utara dan Papua.

Di sisi lain, kaburnya napi warga negara China dari Lapas Kelas 1 Tangerang hingga kini terus menyita perhatian. Cai Changpan alias Cai Ji Fan merupakan napi narkoba yang divonis mati. 

Untuk bisa meloloskan diri, dia menggali lubang dari dalam sel selama 8 bulan untuk bisa keluar dari Lapas. Diduga pelariannya ada keterlibatan oknum sipir dan seorang PNS. 

Pelaku yang kini telah masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) belakangan telah diketahui keberadaanya. Menurut info keluarganya, Cai Ji Fan lari ke hutan Tenjo, Bogor.

Napi narkoba tersebut belakangan diketahui memiliki latar belakang tentara. Hal ini membuatnya memiliki kemampuan survival di dalam hutan.

Viral foto mirip kedatangan tentara asing di Bandara Soekarno Hatta (Soetta) juga tak kalah dapat sorotan. Lantas apa tanggapan polisi?

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com, sepanjang Jumat, 3 Oktober 2020:

2 dari 5 halaman

1. La Nina Berkembang di Samudra Pasifik, Dampaknya ke Indonesia Diperkirakan Mulai Desember

Anomali iklim La Nina saat ini terpantau berkembang di Samudra Pasifik Ekuator dan diperkirakan akan mencapai intensitas moderate hingga akhir 2020. Sehingga perlu diwaspadai dampaknya yang juga dirasakan wilayah Indonesia.

"Dampak La Nina tidak seragam di seluruh Indonesia. Pada Oktober-November, peningkatan curah hujan bulanan akibat La Nina dapat terjadi hampir di seluruh wilayah Indonesia kecuali Sumatera," kata Deputi Bidang Klimatologi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Herizal dalam rilis yang diterima di Jakarta, Sabtu (3/10/2020).

Hingga akhir September 2020, pemantauan terhadap anomali iklim global di Samudera Pasifik Ekuator menunjukkan bahwa anomali iklim La Nina sedang berkembang.

Indeks ENSO (El Nino-Southern Oscillation) menunjukkan suhu permukaan laut di wilayah Pasifik tengah dan timur dalam kondisi dingin selama enam dasarian terakhir dengan nilai anomali telah melewati angka minus 0,5 derajat Celsius, yang menjadi ambang batas kategori La Nina.

Diperkirakan pada Desember hingga Februari 2021, peningkatan curah hujan akibat La Nina dapat terjadi di Kalimantan bagian timur, Sulawesi, Maluku-Maluku Utara dan Papua.

 

Selengkapnya...

3 dari 5 halaman

2. Napi Kabur ke Hutan, Polisi: Cai Changpan Sering Berburu dan Mantan Tentara

Polisi menambah personel untuk mengejar narapidana atau napi Cai Changpan alias Cai Ji Fan yang kabur dari Lapas Kelas I Tangerang. Penyisiran dilakukan di sebuah hutan Tenjo, Bogor, Jawa Barat.

Pasukan Khusus Brimob Polda Metro Jaya dikerahkan untuk membantu mencari Cai Changpan yang diduga bersembunyi di hutan. 

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus menjelaskan, istri dan anak memberikan informasi keberadaan Cai Changpan.

"Penuturan istrinya, Cai Changpan sering berburu ke hutan sebelum terjerat kasus narkoba. Jadi dia hapal hutan tersebut. Itulah kenapa dia bisa bertahan sampai saat ini," ucap Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus.

 

Selengkapnya...

4 dari 5 halaman

3. Viral Foto Mirip Kedatangan Tentara Asing di Bandara Soetta, Ini Kata Polisi

Sebuah foto yang beredar di media sosial Twitter menjadi viral. Pasalnya, foto tersebut disebarluaskan dengan narasi berisi Bandara Internasional Soekarno Hatta Tangerang, kedatangan tentara asing.

Akun @BerisikEmak itu, menyebarkan sebuah foto para pria berseragam berkumpul menenteng koper di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta.

Namun dinarasikan 'APA KOMENTAR MRNTERI PERTAHANAN, PANGLIMA TNI, PARA ANGGOTA DPR RI BAHKAN PRESIDEN. Tentang fenomena kedatangan besar2an tentara berseragam ini di bandara Soekarno Hatta,'.

Namun, hal tersebut langsung dibantah oleh Kasat Reskrim Polresta Bandara Soetta, Kompol Alexander Yurico. Alexander juga menilai, bila seragam yang dikenakan para pria di foto tersebut, bukanlah seragam tentara. Melainkan lebih mirip dengan pekerja lapangan.

 

Selengkapnya...

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: