Sukses

Jokowi: Jalan Tol Pekanbaru-Dumai Sudah Mengundang Minat Investor

Adapun jalan tol Pekanbaru-Dumai ini panjang 131 kilometer dan menelan biaya Rp 12,18 triliun.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyebut pembangunan jalan tol lintas Sumatera ruas Pekanbaru-Dumai sudah mengundang minat para investor. Adapun jalan tol Pekanbaru-Dumai ini panjang 131 kilometer dan menelan biaya Rp 12,18 triliun.

"Saya mendapat laporan keberadaan jalan tol ini sudah mengundang minat investasi untuk mengembangkan usaha di sekitar jalur tol ini," ujar Jokowi saat meresmikan jalan tol Pekanbaru-Dumai secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Jumat (25/9/2020).

Menurut dia, para investor tertarik membuka kawasan industri di sekitar jalan tol ini. Selain itu, ada pula investor yang berminat mengembangkan perumahan hingga fasilitas pariwisata.

Jokowi meyakini kehadiran para investor untuk berinvestasi di sekitar jalan tol Pekanbaru-Dumai ini akan berdampak positif bagi perekonomian. Salah satunya, terbukanya lapangan pekerjaan untuk masyarakat.

"Tumbuhnya sentra-sentra ekonomi baru ini tentu akan meningkatkan aktivitas perekonomian wilayah dan sekali membuka lapangan kerja yang lebih banyak lagi bagi anak-anak muda kita," jelas dia.

Untuk itu, Jokowi mendorong pemerintah daerah segera merespon minat sejumlah investor tersebut. Sehingga, masyarakat dapat ikut merasakan manfaat dari pembangunan jalan tol Pekanbaru-Dumai.

"Minat investor untuk ikut mendukung pengembangan daerah seperti ini harus direspon cepat. Sehingga pemerintah daerah dan masyarakat bisa mendapatkan manfaat dari keberadaan infrastruktur yang dibangun pemerintah," tutur Jokowi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Memiliki Panjang 131 Kilometer

Sebagai informasi, Jalan Tol Pekanbaru-Dumai memiliki panjang 131 kilometer yang merupakan bagian dari Tol Trans Sumatera. Pembangunan jalan tol ini merupakan sinergi Hutama Karya dengan anak perusahaannya yakni PT HK Infrastruktur (HKI) selaku kontraktor dan PT HAKAASTON (HKA) selaku penyedia aspal.

Jalan Tol Pekanbaru-Dumai terdiri dari 6 seksi, yakni seksi 1 (Pekanbaru-Minas) sepanjang km , seksi 2 (Minas-Kandis Selatan) sepanjang km, seksi 3 (Kandis Selatan-Kandis Utara) sepanjang km, seksi 4 (Kandis Utara-Duri Selatan) sepanjang km, seksi 5 (Duri Selatan-Duri Utara) sepanjang km, dan seksi 6 (Duri Utara-Dumai) sepanjang km.

Tol Pekanbaru-Dumai ini juga akan dilengkapi oleh 7 Gerbang Tol (GT) dan 5 pasang Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) atau rest area. TIP akan terbagi menjadi dua tipe yakni Tipe A yang terletak di Km 14,5, Km 45, dan Km 82, sedangkan Tipe B terletak di Km 64 dan Km 13 (arah Pekanbaru).

Tol Permai akan hadir dengan 6 (enam) terowongan perlintasan gajah didalamnya yang terletak di Seksi 2 (Sungai Tekuana) dan Seksi 4 (dekat Suaka Margasatwa Balai Raja). Terowongan perlintasan gajah ini adalah yang pertama di Indonesia

operasional jalan tol ini nantinyaakan menyingkat waktu tempuh antara Kota Pekanbaru dan Dumai dari yang semula 6-7 jam menjadi 2-3 jam dengan kecepatan rata-rata 60 km/jam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.