Sukses

Sidang Tahunan MPR, Puan Ingatkan Arah Pembangunan Nasional

Ketua DPR Puan Maharani, dalam pidatonya di Sidang Tahunan MPR 2020, mengingatkan politik pembangunan nasional harus diarahakan untuk mewujudkan Indonesia Maju di segala bidang.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPR Puan Maharani, dalam pidatonya di Sidang Tahunan MPR 2020, mengingatkan politik pembangunan nasional harus diarahkan untuk mewujudkan Indonesia Maju di segala bidang.

"Indonesia Maju, yang menjadi tema dalam peringatan Hari Kemerdekaan RI yang ke-75, merupakan tekad kita semua untuk dapat mengarahkan politik pembangunan nasional kita untuk dapat segera mewujudkan Indonesia yang maju di segala bidang," kata Puan, Jumat (14/8/2020).

Pada Sidang Tahunan MPR itu pula, dia mengingatkan, semua ini bisa dilakukan dengan arah politik pembangunan yang jelas. Salah satunya dengan membangun kekuatan nasional sendiri.

"Pembangunan tanpa arah politik yang jelas ibarat kapal tanpa kompas. Pembangunan tanpa dipimpin oleh visi dan misi politik pembangunan yang jelas, ibarat kapal tanpa nakhoda, yang akan hancur karena membentur karang atau tenggelam karena diterjang badai," ungkap Puan.

Menurut dia, politik pembangunan ke depan hendaknya dapat diarahkan untuk mempercepat pembangunan manusia Indonesia.

"Memperkuat industri pangan nasional, penataan industri nasional yang kuat, pemerataan pembangunan infrastruktur, serta optimalisasi reformasi birokrasi," tegas Puan dalam Sidang Tahunan MPR.

 

 

**Cek hasil pengumuman SBMPTN 2020 di tautan ini

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ditingkatkan

Puan menyebut, selama 75 tahun merdeka, Puan Indonesia telah mencapai banyak kemajuan. Namun di sisi lain, pandemi Covid-19 juga memperlihatkan bahwa masih banyak ruang yang masih bisa ditingkatkan ke depannya.

"Kita masih perlu meningkatkan pelayanan kesehatan yang lebih merata, memperkuat sistem penanggulangan bencana, menyempurnaka sistem jaminan sosial, memperkuat regulasi untuk mencegah krisis ekonomi, serta dibutuhkannya regulasi yang dapat menselaraskan otoritas kebijakan fiskal dan otoritas kebijakan moneter dalam menghadapi krisis ekonomi," tutur dia.

Politisi PDIP ini juga menyoroti pelaksanaan Pilkada serentak 2020. Dia menilai, Pilkada bisa jadi ajang momentum munculnya kepala daerah terbaik di setiap daerah.

"Kita mengharapkan agar seluruh masyarakat yang akan menjalankan Pilkada serentak untuk aktif berpartisipasi demi terpilihnya kepala daerah terbaik yang mampu membangun kemajuan di daerahnya," kata Puan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.