Sukses

Gerilya AHY Bertemu Jokowi Dinilai Jadi Kode Demokrat Masuk Pemerintahan

Liputan6.com, Jakarta Peneliti Politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Aisah Putri Budiarti mengatakan sejumlah menteri memang dikabarkan nakal segera di reshuffle oleh Presiden Jokowi.  Hal itu terkait mandegnya kinerja dalam penanganan Covid-19.

"Dari isu yang berkembang dalam beberapa hari ini, bahkan hari ini udah muncul bocoran siapa yg akan digantikan. Ada 11 menteri kan pos-pos yang sering dibicarakan mulai dari Menkopolhukam, Menkumham, Mensos, Menkes, banyak lah ada 11 pos menteri," kata Putri dalam acara Inspirato sharing session yang diadakan Liputan6.com, dengan tema mengupas kinerja para menteri, Kamis (2/7/2020).

Namun, dia tak mau terlalu membahas satu persatu. Yang perlu diperhatikan justru, keputusan Jokowi yang dinilai bakal selalu memutar posisi orang yang menjadi kepercayaannya. 

"Karena beberapa kali reshuffle dilakukan, presiden menempatkan orang yang mungkin menurut pak presiden cocok enggak ya bekerjanya, kemudian juga menjadi orang yang dipercaya, tapi kemudian tidak pas dengan pos itu diputar dipindah ke pos lain," jelas Putri. 

Dia juga menuturkan, tokoh yang dianggap punya peran sentral dan menjadi orang kepercayaan presiden tetap akan dipertahankan.

"Jadi sebelumnya, misalnya ditempatkan oleh profesional maka digantinya juga oleh profesional. atau misalnya sebelumnya di pos oleh orang-orang partai biasanya, kemudian diganti juga diganti juga oleh orang-orang partai, nah itu kecenderungan yang terjadi. 

"Yang menarik menurut saya juga ada satu mungkin ini ya, ada perbincangan terkait partai politik baru masuk," jelas Putri. 

 

2 dari 3 halaman

Gerilya Partai Demokrat

Aisah menyebut, Demokrat bisa berpeluang untuk masuk dalam kabinet.Hal itu bisa dilihat dari gerilya Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) Ketua Umum Demokrat, yang sudah bertemu dengan Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin. 

"Belakangan Demokrat, kalau dari gerak geriknya Pak Airlangga ketemu dengan Pak SBY, kemudian AHY ketemu dengan Pak Jokowi dan Kiai Ma'ruf," tukasnya. 

Namun, semua itu harus benar-benar dilihat dan dibuktikan. "Kita lihat saja dan buktikan kalau reshuffle benar-benar terjadi," pungkasnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

  • Reshuffle Kabinet Jokowi - Jusuf Kalla adalah proses pergantian sejumlah menteri di struktur pemerintahan Republik Indonesia
    Reshuffle Kabinet Jokowi - Jusuf Kalla adalah proses pergantian sejumlah menteri di struktur pemerintahan Republik Indonesia
    Reshuffle Kabinet
  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014
    Jokowi