Sukses

Komisi VI DPR Tolak Rencana Erick Thohir Jual Saham Subholding Pertamina

Menurut Mufti, rencana IPO bisnis energi anak-anak usaha Pertamina tersebut perlu benar-benar dievaluasi.

Liputan6.com, Jakarta Anggota Komisi VI DPR RI Mufti Anam menyampaikan penolakan terhadap target Menteri BUMN Erick Thohir yang menargetkan sejumlah subholding PT Pertamina (Persero) bakal dilego melalui mekanisme penawaran saham perdana atau initial public offering (IPO) di bursa saham.

Dia menilai, aspirasi masyarakat lebih memilih agar aset bangsa di bidang energi tidak diprivatisasi.

"Benar bahwa yang akan di-IPO-kan bukan Pertamina, melainkan anak usahanya. Tapi justru dengan skema subholding inilah bisnis terintegrasi Pertamina sebagai perjuangan mewujudkan kedaulatan energi kemudian dipecah ke unit-unit kecil yang menjadi pintu privatisasi,” ujar Mufti Anam seusai rapat dengan Menteri BUMN Erick Thohir, Senin (22/6/2020).

Menurut Mufti, rencana IPO bisnis energi anak-anak usaha Pertamina tersebut perlu benar-benar dievaluasi.

"Cita-cita besar Presiden Jokowi adalah menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang berdaulat atas penguasaan energi. Jadi Kementerian BUMN harus menerjemahkan cita-cita tersebut,” imbuh politisi PDI Perjuangan tersebut.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Amanah Konstitusi

Mufti menambahkan, dalam konstitusi UUD 1945 juga tegas disebutkan bahwa negara memiliki kekuasaan atas cabang-cabang produksi yang penting dan menguasai hajat hidup orang banyak serta dipergunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat. Tentu saja di dalamnya adalah bidang energi.

"Mari sejenak merenung. Daripada sibuk dengan rencana IPO bisnis energi negara, sungguh lebih mulia jika kita fokus pada bagaimana Pertamina bekerja dengan spirit nasionalisme untuk menghadirkan energi yang relatif terjangkau dan merata ke seluruh pelosok negeri,” pungkas Mufti.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pertamina merupakan salah satu perusahaan BUMN yang bertugas mengelola pertambangan minyak dan gas bumi di Indonesia.

    Pertamina