Sukses

Kembali Beroperasi 21 Juni, Warga Tidak Sehat Dilarang Berolahraga di CFD

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengimbau agar masyarakat yang sedang demam atau gejala flu tidak berolahraga saat car free day di Jalan Sudirman-Thamrin.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengimbau agar masyarakat yang sedang demam atau gejala flu tidak berolahraga saat hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) atau car free day di Jalan Sudirman-Thamrin.

Dia mengatakan hal tersebut guna meminimalisir penularan virus corona atau Covid-19. Kegiatan car free day akan mulai beroperasi kembali pada 21 Juni 2020.

"Kepada warga tidak sehat, merasa demam merasa flu, untuk tidak keluar dan melaksanakan aktivitas olahraga di HBKB," kata yafrin di FX Sudirman, Jakarta Pusat, Kamis (18/6/2020).

Sementara itu, Syafrin menyatakan saat pelaksanaan CFD hanya dikhususkan untuk berolahraga saja dan pedagang kaki lima dilarang berjualan. Hal terpenting kata dia, masyarakat tetap mengutamakan protokol kesehatan yang ada.

"Untuk pedagang kaki lima tidak diperbolehkan, sementara HBKB untuk berolahraga dengan menerapkan prinsip protokol kesehatan," jelasnya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan, kegiatan hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) atau car free day (CFD) di Jalan Sudirman-Thamrin akan diselenggarakan pada Minggu 21 Juni 2020.

"Insyaallah nanti Minggu depan secara bertahap kita akan mengkhususkan untuk sepeda dan pejalan kaki," kata Anies di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat, Minggu (14/6/2020). 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dilarang Jual Beli saat CFD

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menegaskan, kegiatan jual beli saat CFD dilarang. Alasannya, kegiatan jual beli berpotensi adanya penyebaran virus Corona atau Covid-19.

"Tapi belum dibuka untuk kegiatan jual beli karena potensi kerumunannya masih sangat tinggi. Jadi hanya untuk kegiatan olahraga saja," ucap dia.

Anies menyatakan, pihaknya akan segera menerbitkan regulasi mengenai pelaksanaan CFD di Jalan Sudirman-Thamrin. Sebab saat ini DKI Jakarta masih melaksanakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) masa transisi.

"Nanti diatur lagi, pengumuman resmi. Saya enggak biasa ngomong kalau belum ada regulasi," uap Anies.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.