Sukses

Nama-Nama Korban Helikopter TNI AD yang Jatuh di Kendal

Saat dari arah barat, helikopter sudah dalam keadaan oleng dan keluar asap. Sebelum akhirnya terjatuh, Iskandar menyebut ada tiga orang lompat ke tambak.

Liputan6.com, Jakarta - Helikopter MI-17 v 5 HA 5142 milik TNI Angkatan Darat (AD) jatuh di Kendal Jawa Tengah, Sabtu (6/6/2020). Akibat insiden tersebut, empat penumpang meninggal dunia sementara lima lainnya luka-luka.

"(Ada) 9 penumpang helikopter, 4 meninggal dunia, 5 luka-luka," ujar Kabid Humas Polda Jateng Kombes Iskandar Fitriana kepada wartawan, Sabtu (6/6/2020).

Menurut dia, helikopter milik penerbad TNI-AD Semarang itu mulai terbang pada pukul 12.39 WIB. Berdasarkan penuturan seorang saksi, helikopter tersebut terbang dari arah timur menuju ke barat.

Saat dari arah barat, helikopter sudah dalam keadaan oleng dan keluar asap. Sebelum akhirnya terjatuh, Iskandar menyebut ada tiga orang lompat ke tambak.

"Sesaat kemudian pesawat jatuh keluar asap dan selanjutnya meledak, pada saat sebelum meledak sempat dikeluarkan 3 orang," jelasnya.

Adapun korban meninggal yakni, Kapten Cpn Kadek, Kapten Cpn Fredi, Kapten Cpn Y Hendro, dan Lettu Cpn Wisnu. Sementara itu korban luka yakni, Lettu Vira Yudha, Praka Nanang, Praka Rofiq, serta Praka Supriyanto.

Iskandar menuturkan satu kru bernama Praka Andi berhasil selamat dari insiden tersebut. Sebanyak lima korban helikopter jatuh kini telah dilarikan ke RSUD Soewondo Kendal untuk mendapatkan pertolongan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sedang Latihan

Helikopter MI-17 milik TNI Angkatan Darat (AD) jatuh di Kendal, Jawa Tengah, Sabtu (6/6/2020). Kepala Dinas Penerangan TNI AD Brigjen TNI Nefra Firdaus menyatakan, helikopter tersebut sedang melakukan latihan.

"Helikopter tersebut sedang melaksanakan misi latihan terbang di Pusat Pendidikan Penerbang AD, Semarang, Jawa Tengah, sebagai bagian dari program Pendidikan Calon Perwira Penerbang 1," ucap Nefra, Sabtu (6/6/2020).

Menurut dia, helikopter dinyatakan dalam kondisi baik sebelum terbang, karena saat dilaksanakan Pre-flight Check tidak ditemukan hal-hal menonjol. Selain itu, misi latihan terbang endurance pertama juga berjalan dengan aman.

"Sekitar jam 12.35 siang tadi, helikopter ini melaksanakan misi latihan terbang endurance kedua dengan materi terbang Tactical Manuver. Dan sekitar jam 13.40 siang tadi, Helikopter MI-17 ini jatuh di Kaliwungu, Kec. Kendal, Jawa Tengah," kata Nefra.   

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.