Sukses

Potret Salat Jumat di Mabes TNI AU Saat Masa Transisi

Liputan6.com, Jakarta Ibadah salat Jumat mulai kembali dilaksanakan di masjid-masjid di wilayah DKI Jakarta pada hari ini, Jumat (5/6/2020).

Hal ini menyusul keputusan dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memutuskan untuk tetap memperpanjang Pembatasan Sosial Berskala Panjang (PSBB) dengan status transisi menuju tatanan normal baru.

Masa transisi PSBB di Jakarta dimulai Jumat 5 Juni 2020. Dalam masa transisi ini, tempat-tempat ibadah di Jakarta pun telah diizinkan kembali dibuka dan beraktivitas. Namun, tetap dengan penerapan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus Corona Covid-19.

Salah satu yang kembali melaksanakan ibadah salat Jumat hari ini, yakni Masjid As Samawi Mabes TNI AU Cilangkap, Jakarta Timur.

Di masjid ini, saf prajurit TNI yang mengikuti salat Jumat berjemaah dibuat berjarak dan lantainya diberi tanda. Mereka juga menggunakan sajadah masing-masing. 

Melihat Salat Jumat Di Mabes TNI AU di Masa Transisi New Normal (Foto:Liputan6/Putu Merta Surya Putra)

"Selama 11 minggu terhitung mulai tanggal 20 Maret 2020, Masjid As Samawi Mabes TNI AU tidak menyelenggarakan salat Jumat berjemaah dan diganti dengan salat zuhur di tempat kerja masing-masing," kata Kadispenau, Marsma TNI Fajar Adriyanto, dalam keterangannya.

Menurut dia, sesuai edaran Menteri Agama RI, salat Jumat di Mabes TNI AU dilaksanakan dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Melihat Salat Jumat Di Mabes TNI AU di Masa Transisi New Normal (Foto:Liputan6/Putu Merta Surya Putra)

2 dari 3 halaman

Patuhi Protokol Kesehatan Covid-19

Protokol kesehatan tersebut meliputi pengecekan suhu tubuh, penyediaan tempat cuci tangan, hand sanitizer, jarak antar jemaah minimal 1 meter, dan kapasitas masjid maksimum 50 persen,

"Khotbah dipersingkat termasuk doa, dan tidak bersalaman satu sama lain setelah selesai salat berjamaah," ungkap Fajar.

Menurut dia, Prajurit TNI AU yang tidak kebagian tempat di dalam masjid disediakan alas di teras dan halaman masjid.

"Meskipun salat Jumat dilaksanakan dengan berbagai pembatasan namun tidak mengurangi kekhusyukan dan kekhidmatan jalannya ibadah wajib bagi muslim laki-laki ini," ujarnya. 

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: