Sukses

Cerita Melepas Rindu Salat Jumat di Masjid Cut Meutia Jakarta saat Wabah Corona

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah memperbolehkan tempat ibadah untuk menggelar salat berjamaah pada masa transisi pandemi Corona ini. Jumat 5 Juni 2020 menjadi momen pertama salat Jumat berjamaah di masjid di tengah pandemi.

Salah satu masjid yang menggelar salat Jumat pada hari ini adalah Masjid Cut Meutia, Menteng, Jakarta.

Ketua Kaderisasi Pemuda dan Remaja Masjid Dewan Masjid Indonesia (DMI) Arief Rosyid memantau dan ikut melaksanakan salat Jumat berjamaah mengungkapkan pengalamannya hari ini.

Dia mengaku bersyukur dapat kembali salat Jumat berjamaah di masjid, meski di tengah pandemi Corona yang masih melanda dunia.

Menurut dia, relatif banyak jemaah yang melaksanakan salat Jumat di salah satu masjid tertua di Jakarta itu, hingga membanjiri halaman masjid tersebut. Pengurus masjid dan jemaah pun patuh menerapkan protokol kesehatan.

"Alhamdullilah, setelah menahan rindu 3 bulan. Alhamdulillah bisa salat dengan protokol kesehatan yang baik," kata Arief melalui pesan singkatnya, Jumat (5/6/2020).

Dia menuturkan, sebelum masuk masjid, petugas melakukan pengukur suhu tubuh jemaah. Tepatnya di gerbang masjid. Kemudian, pengurus masjid juga menyiapkan sabun cuci tangan di luar dan dalam area masjid.

"Saya juga melihat pengurus masjid memasang spanduk imbauan dan sosialisasi penggunaan masker," tutur Arief soal pengalaman salat Jumat pertamanya di masjid di tengah pandemi.

 

2 dari 3 halaman

Jarak Dijaga

Arief mengatakan, physical distancing atau jaga jarak antar jemaah juga tetap diterapkan, baik sebelum, saat, dan sesudah salat Jumat.

"Masjid menerapkan jaga jarak dengan mengatur saf menggunakan penanda yang mudah dilihat/dikenali," kata Arief.

Sebelumnya, Pemprov DKI memperpanjang PSBB dan menyatakan Jakarta masuk masa transisi mulai hari ini, Jumat 5 Juni 2020. Tempat ibadah menjadi salah satu hal pertama yang diizinkan kembali dibuka untuk publik dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: