Sukses

Top 3 News: Kronologi Habib Umar Cekcok dengan Petugas di Check Point PSBB Surabaya

Liputan6.com, Jakarta Mengawali Top 3 News hari ini, adu mulut antara Habib Umar Abdullah Assegaf dengan petugas gabungan di pos check point Exit Tol Satelit Surabaya viral di media sosial.

Berawal saat mobil yang ditumpangi Habib Umar Abdullah Assegaf diperiksa oleh petugas terkait protokol kesehatan untuk menekan penyebaran virus corona. 

Saat dilakukan pemeriksaan didapati bahwa pengemudi tidak menggunakan masker dan penumpang melebihi ketentuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). 

Habib Umar yang tak terima lalu turun dari mobil dan diduga telah melakukan ujaran kebencian dengan mengeluarkan kata-kata tidak sopan kepada petugas.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com terkait putusan pemerintah yang membatalkan cuti bersama Lebaran, yang seharusnya jatuh pada hari ini, Jumat (22/5/2020). Dengan demikian pegawai ASN dan BUMN tetap masuk seperti biasa.

Sebagai penggantinya cuti bersama Lebaran 2020 jatuh di akhir tahun, yakni 28 hingga 31 Desember 2020.

Sementara itu, berita populer lainnya yakni terkait jumlah kasus positif corona yang tejadi di wilayah Jawa Timur. Lonjakan kasus di Jawa Timur itu mencatat rekor pasien positif tertinggi pada Kamis, 21 Mei kemarin.

Menurut Juru Bicara Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto, telah terjadi penambahan 502 pasien hingga total akumulatif menjadi 2.998 pasien positif Covid-19.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com, sepanjang Kamis, 21 Mei 2020:

 

2 dari 5 halaman

1. Viral Habib Umar Assegaf Langgar PSBB dan Cekcok dengan Petugas

Viral di media sosial terkait adu mulut yang dilakukan oleh pemilik Majelis Roudhotus Salaf Bangil, Habib Umar Abdullah Assegaf terhadap salah seorang petugas jaga di pos cek point Exit Tol Satelit. Kejadian tersebut  diketahui terjadi pada Rabu, 20 Mei 2020 sekitar pukul 16.45 WIB.

Dalam video yang berdurasi 1 menit 23 detik tersebut terlihat, antara Habib Umar dan salah seorang petugas cekcok dan saling dorong.

Habib Umar terlihat menggunakan kain sorban saat memukul petugas tersebut yang kemudian dibalas dengan tangan kosong serta ditendang oleh petugas.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, kejadian bermula saat anggota Satlantas Polrestabes Surabaya melaksanakan pemeriksaan kendaraan yang akan masuk ke Kota Surabaya di pos cek point tersebut.

 

Selengkapnya...

3 dari 5 halaman

2. Pemerintah Batalkan Cuti Bersama di 22 Mei 2020, ASN dan BUMN Tetap Masuk Kerja

Pemerintah resmi merevisi kembali tanggal cuti dan libur bersama di tahun 2020. Revisi tersebut yaitu pembatalan cuti bersama pada Jumat 22 Mei 2020. Dengan demikian, pada hari tersebut merupakan hari kerja. 

"Keputusan bersama tiga menteri tentang hari libur nasional dan cuti bersama di tahun 2020 menghapus cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriyah tanggal 22 Mei 2020, menjadi sebagaimana yang tercantum dalam lampiran berikut" seperti yang tertulis dalam surat yang ditandatangani Menteri Agama Fachrul Razi, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo. 

Artinya dengan rilisnya revisi ini, maka pemerintah menghapus 22 Mei dari dari daftar cuti bersama dan dengan demikian maka di hari tersebut pegawai-pegawai ASN dan BUMN tetap masuk seperti biasa. Tidak ada cuti.

 

Selengkapnya...

4 dari 5 halaman

3. 502 Orang Terinfeksi Dalam Satu Hari, Jatim Cetak Rekor Penambahan Kasus Positif Covid-19 Tertinggi

Juru Bicara Gugus Tugas Nasional Covid-19, Achmad Yurianto menyatakan Provinsi Jawa Timur mencatatkan rekor pasien positif tertinggi hari ini, Kamis (21/5/2020). 

Jumlahnya diketahui mencapai 502 pasien. Sehingga total akumulatif hari ini di Jawa Timur terdapat 2.998 pasien positif Covid-19.

Jumlah konfirmasi kasus positif di Jawa Timur diketahui lebih dari separuh total kasus pada hari ini. Diketahui, penambahan kasus pada hari ini mencapai 973 pasien dengan total akumulatif sebanyak 20.162 pasien.

"Ini adalah penambahan jumlah kasus konfirmasi positif tertinggi," jelas dia.

 

Selengkapnya...

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: